Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Berdasarkan Taksonomi Bloom Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Pada Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Sekolah Menengah I Di Universitas Jambi

Isna, Khidayatul and Sabil, Husni and Winarni, Sri Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Berdasarkan Taksonomi Bloom Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Pada Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Sekolah Menengah I Di Universitas Jambi. Repository UNJA. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (774kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar mahasiswa berdasarkan taksonomi Bloom dalam menyelesaikan soal geometri pada mata kuliah kapita selekta matematika sekolah menengah I, serta faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa mengalami kesulitan belajar dalam menyelesaikan soal geometri. Penelitian ini dilakukan di Universitas Jambi pada Program Studi Pendidikan matematika kelas R-003 tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini yaitu penelitian campuran dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang mengalami kesulitan belajar dengan memperoleh skor tes diagnostik kurang dari 60 dan selanjutnya diwawancara untuk mengkonfirmasi jenis kesulitan yang dialaminya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 12 mahasiswa dari 22 mahasiswa yang mengalami kesulitan belajar, yaitu 38,5% pada pengetahuan faktual dengan mahasiswa tidak dapat menuliskan bagian diketahui dan ditanya pada soal, tidak menangkap seluruh informasi yang ada dan tidak dapat/keliru dalam menuliskan simbol, 48,5% pada pengetahuan konseptual dengan mahasiswa tidak dapat/keliru dalam menuliskan rumus/konsep yang digunakan dalam menyelesaikan soal, 39,4% pada pengetahuan prosedural yaitu mahasiswa tidak dapat/keliru dalam menjalankan prosedur yang telah ditentukan, tidak memeriksa kembali jawaban serta tidak dapat/keliru menentukan langkah, dan 14,6% pada pengetahuan metakognitif, mahasiswa tidak yakin dari hasil yang telah diperoleh dan keliru terhadap keyakinan mereka sendiri. Hal ini disebabkan karena mahasiswa kurang memahami materi, kesulitan dalam bahasa dan membaca, lupa, serta mengalami gangguan hubungan keruangan. Dari seluruh kesulitan yang dialami oleh mahasiswa, kesulitan dalam pengetahuan konsepual merupakan kesulitan yang lebih dominan dialami oleh mahasiswa yang berpengaruh terhadap kesulitan lainnya.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KHIDAYATUL ISNA
Date Deposited: 21 Jun 2018 07:22
Last Modified: 21 Jun 2018 07:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4535

Actions (login required)

View Item View Item