Pengaruh Media Sosial dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018-2019 Universitas Jambi

Daryanti, Sulis (2023) Pengaruh Media Sosial dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018-2019 Universitas Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (301kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (504kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (252kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Daryanti,Sulis. 2023 “Pengaruh Media Sosial Dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018-2019 Universitas Jambi”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dr. Drs. Suratno, M.Pd. (II) Dra. Refnida, M.E. Kata Kunci: Media Sosial, Teman Sebaya, Perilaku Konsumtif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh 1. Media Sosial terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, 2. Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, 3. Media Sosial Dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Penelitian ini dilakukan di Program studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Penelitian ini diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2018-2019 (sebagai data utama) sebanyak 115 responden. Setelah angket dikembalikan, kemudian data dianalisis secara kuantitatif yaitu menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji homogenitas, uji multikolioneritas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F) dan uji koefisien determinasi ( ). Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi dilihat pada nilai R Square sebesar 0,329 dengan tingkat 32,9 % (2) Terdapat pengaruh positif Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi dilihat dari nilai adalah R Square sebesar 0,329 dengan tingkat 32,9 %, (3) Terdapat pengaruh Media Sosial Dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi yang ditunjukkan dengan nilai R Square sebesar 0,658 ini artinya bahwa kemampuan seluruh variabel independen/bebas yaitu media sosial dan teman sebaya mempengaruhi variabel dependen/terikat yaitu Perilaku Konsumtif adalah sebesar 65,8 % sedangkan sisanya 34,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Maka dapat disimpulkan bahwa Media Sosial Dan Teman Sebaya secara bersama-sama berpengaruh positif Terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2018-2019 FKIP Universitas Jambi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media sosial, teman sebaya dan perilaku konsumtif
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DARYANTI
Date Deposited: 24 Feb 2023 07:12
Last Modified: 24 Feb 2023 07:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45366

Actions (login required)

View Item View Item