Hidayat, Rafi and Rohati, Rohati and Winarni, Sri Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika (KOMAT) Berbasis Problem Based Learning Dengan Manga Studio V05 dan Geogebra Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII SMP. Repository UNJA. (Submitted)
Text
ARTIKEL.pdf Download (813kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan bagaimana pengembangan media pembelajaran komik matematika berbasis Problem Based Learning dengan manga studio V05 dan GeoGerba dan menganalisis penggunaan media pembelajaran komik matematika menggunakan manga studio V05 dan geogebra sudah memenuhi kualitas baik pada kelas VIII SMP. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Muaro Jambi pada Maret-April 2018. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebar angket kepada guru dan siswa dan tes hasil belajar siswa. Setelah angket dan tes dikembalikan, data dianalisis secara kualitatif dengan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk media pembelajaran yang telah dikembangkan mengalami beberapa kali revisi diantaranya oleh ahli materi dan ahli media, kemudian dilakukan uji coba perorangan (guru), uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar, responden menyatakan bahwa media pembelajaran komik matematika berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan sudah sangat baik, media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kualitas baik, karena memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor 4,33 ini termasuk dalam kategori interval X> (X_i ) ̅+ 1,8×Sb_i, dengan kualitas sangat baik. Media pembelajaran memenuhi kriteria kepraktisan, yaitu berdasarkan hasil penilaian guru matematika dengan rata-rata skor 4,45 dengan kategori sangat baik, dan hasil penilaian siswa dengan rata-rata skor 4,478 dengan kategori sangat baik. Media komik matematika berbasis Problem Based Learning memenuhi kriteria keefektifan, yaitu berdasarkan presentasi siswa yang tuntas sesuai KKM adalah 73, 69%. Menurut Nieveen (1999:126-127) kualitas bahan ajar yang dikembangkan haruslah memenuhi kriteria valid (validity), praktis (practicality), dan efektif (effectiveness). Maka produk media pembelajaran komik matematika mempunyai kualitas baik. Dari hasil penelitian ini disarankan agar selanjutnya dapat mengembangkan media pembelajaran komik matematika dengan materi yang lain sehingga menarik siswa untuk lebih menyukai matematika.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RAFI HIDAYAT |
Date Deposited: | 21 Jun 2018 07:22 |
Last Modified: | 21 Jun 2018 07:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4537 |
Actions (login required)
View Item |