IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENGIDENTIFIKASI ALUR DRAMA SISWA KELAS XI MIPA 2 SMA NEGERI 1 BATANGHARI TAHUN AJARAN 2017/2018

Setiawati, Tri IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENGIDENTIFIKASI ALUR DRAMA SISWA KELAS XI MIPA 2 SMA NEGERI 1 BATANGHARI TAHUN AJARAN 2017/2018. JURNAL IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENGIDENTIFIKASI ALUR DRAMA SISWA KELAS XI MIPA 2 SMA NEGERI 1 BATANGHARI TAHUN AJARAN 2017/2018.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (310kB)

Abstract

IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENGIDENTIFIKASI ALUR DRAMA SISWA KELAS XI MIPA 2 SMA NEGERI 1 BATANGHARI TAHUN AJARAN 2017/2018 Tri Setiawati, Albertus Sinaga, Imam Suwardi FKIP Universitas Jambi ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran mengidentifikasi alur drama siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Batanghari. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan informan penelitian yaitu guru bahasa Indonesia kelas XI MIPA 2 SMA N 1 Batanghari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia yakni Bu Nurazani S.Pd dan siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Batanghari. Data dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran saintifik yang dilaksanakan oleh guru. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa yang dilihat dari kata-kata dan tindakan nya dalam proses pembelajaran melalui pengambilan video dan foto. Hasil penelitian menunjukkan secara umum guru sudah menerapkan pendekatan saintifik dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran saintifik namun belum optimal. Terkait dengan peran siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik, siswa kelas XI MIPA 2 sudah terlibat secara aktif dan dapat menerima dengan baik pendekatan tersebut, siswa semakin lebih aktif, kreatif dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Jika beberapa kendala bisa di atasi dengan baik ke depannya oleh guru, maka implementasi pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 dapat terlaksana dengan optimal.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, diharapkan untuk kedepannya kepada guru dan calon guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis saintifik harus lebih optimal.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: TRI SETIAWATI
Date Deposited: 21 Jun 2018 06:33
Last Modified: 21 Jun 2018 06:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4539

Actions (login required)

View Item View Item