lestari, yuni (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Bilangan Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi dan Kepercayaan Diri Siswa SMPN 2 Betara. S2 thesis, Magister Pendidikan Matematika.
Text
BAB 1-1.pdf Download (180kB) |
|
Text
BAB V REV.pdf Download (44kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (347kB) |
|
Text
halaman persetujuan.pdf Download (1MB) |
|
Text
cover.pdf Download (68kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (42kB) |
|
Text
TESIS YUNI LESTARI P2A921007_compressed (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Lestari, Yuni. 2022. Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Bilangan untuk Meningkatkan Literasi Numerasi dan Kepercayaan Diri Siswa SMP N 2 Betara Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Jambi Pembimbing : (I) Dr. Dra. Nizlel Huda, M.Kes., (II) Prof. Drs. Maison,M.Si., Ph.D Kata kunci : Pengembangan, e-Modul, PBL, Literasi Numerasi, Bilangan, Kepercayaan Diri Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) sebagai bahan ajar alternatif dalam meningkatkan literasi nemerasi dan kepercayaan diri siswa SMP pada materi bilangan. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan metode ADDIE meliputi : Analyze, Design, Development, Implement and Evaluate. Selanjutnya implementasi dilakukan dan diteliti efektivitasnya terhadap peningkatan literasi numerasi dan kepercayaan diri siswa dengan menggunakan metode one group pretes-posttest. Pada tahapan Analyze dilakukan analisis kurikulum, analisis kondisi kinerja, menetapkan tujuan, analisis kebutuhan dan karakteristik siswa, analisis materi, analisis sumber daya yang tersedia, dan rencana kerja. Tahapan design berupa rancangan e-modul berbasis PBL dan validasi desain. Tahapan development meliputi uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Tahapan implement pada penelitian ini yaitu mengimplementasi pada siswa SMP kelas VII . tahap evaluate meliputi menentukan kriteria evaluasi, memilih alat evaluasi, dan melakukan evaluasi. Subjek penelitian ini terdiri dari dua orang validator, guru dan siswa kelas 7. Hasil validasi ahli media, ahli materi dan desain pembelajaran menyatakan e-modul berbasis PBL yang telah dikembangkan baik sekali digunakan dalam pembelajaran dengan persentase kelayakan menurut ahli media sebesar 90,12%, ahli materi sebesar 88,33%. Hasil implementasi menunjukkan bahwa e-modul berbasis PBL yang telah dikembangkan dapat meningkatkan literasi numerasi dengan besar peningkatan (N-gain) sebesar 70,04 dalam kategori tinggi, dari hasil analisis SPSS didapat nilai t hitung sebesar 39,372 sedangkan t tabel 2,045 dengan demikian Ha diterima artinya ada perbedaan rata- rata antara literasi numerasi pretest dan postest yang artinya ada pengatuh penggunaan e- modul dalam meningkatkan literasi numerasi siswa. Hasil persepsi siswa setelah pembelajaran menggunakan e-modul berbasis PBL adalah sebesar 89,35 dalam kategori baik sekali digunakan dalam pembelajaran matematika. Sedangkan hasil observasi kepercayaan diri siswa setelah pembelajaran sebesar 81,48% dalam kategori baik sekali dalam meningkatkan kepercayaan diri untuk belajar matematika materi bilangan.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, e-Modul, PBL, Literasi Numerasi, Bilangan, Kepercayaan Diri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Yuni Lestari |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 01:23 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 01:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45404 |
Actions (login required)
View Item |