TEMA AMANAT DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA HIKAYAT DALAM BUKU PAKET BAHASA INDONESIA SMA KELAS X KURIKULUM 2013

KARMILA, KARMILA TEMA AMANAT DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA HIKAYAT DALAM BUKU PAKET BAHASA INDONESIA SMA KELAS X KURIKULUM 2013. JURNAL TEMA AMANAT DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA HIKAYAT DALAM BUKU PAKET BAHASA INDONESIA SMA KELAS X KURIKULUM 2013.

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI.pdf

Download (352kB)

Abstract

ABSTRAK Karmila, 2018. Analisis Tema Amanat dan Nilai Pendidikan Karakter Pada Hikayat Dalam Buku Paket Bahasa Indonesia SMA Kelas X Kurikulum 2013, Prodi Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Pfof.Dr.Mujiyono Wiryotinoyo,M.pd ., (II) Dr.Drs. Maizar Karim,M.Hum. Kata- kata Kunci: Tema, Amanat, Nilai Pendidikan Karakter, Hikayat dalam Buku Paket Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tema, amanat dan nilai karakter yang terdapat pada hikayat dalam buku paket Bahasa Indonesia SMA Kelas x Kurikulum 2013. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi peneliti lain khususnya yang meneliti tentang nilai pendidikan karakter pada hikayat, dan bagi peneliti lainya. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian deskriptif analisis dokumen (kajian isi), yaitu teknik penelitian untuk keperluan mendeskripsikan secara objektif dan sistematis. Kajian isi adalah teknik apapun yang digunakan untuk menarik kesimpulan melalui usaha menemukan karakteristik pesan, dan dilakukan secara objektif dan sistematis. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang berusaha memahami kejadian sosial berdasarkan pandangan-pandangan subjektif dari para pelaku. Data dalam penelitian ini adalah data yang berupa kalimat atau paragraf yang terkait dengan nilai-nilai karakter yang terdapat pada hikayat dalam buku paket Bahasa Indonesia SMA Kelas X Kurikulum 2013. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh hikayat di dalam buku paket Bahasa Indonesia SMA Kelas X kurikulum 2013. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi. Hasil penelitian Masing-masing hikayat memiliki tema yang berbeda san beberapa amanat yang terdapat dalam ketiga hikayat tersebut, dan nilai pendidikan karakter yang berbeda-beda. Dari hasil penelitian diketahui bahwa tidak semua nilai pendidikan karakter terdapat dalam hikayat. Hikayat berjudul Indera Bangsawan memiliki 7 nilai pendidikan karakter, yakni kerja keras, peduli sosial, kreatif, bersahabat, mandiri, religius, dan rasa ingin tahu.Hikayat yang berjudul Bunga Kemuning memiliki 5 nilai pendidikan karakter yaitu cinta damai, demokratis, peduli lingkungan, kerja keras, menghargai prestasi. Hikayat yang berjudul Bayan Budiman memiliki 2 nilai pendidikan karakter yaitu religius dan kreatif. Simpulan penelitian adalah bahwa hikayat indera bangsawan memiliki satu tema, empat amanat. Hikayat bunga kemuning juga memilki satu tema dan dua amanat, sedangkan hikayat bayan budiman memiliki satu tema dan satu amanat.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KARMILA
Date Deposited: 22 Jun 2018 04:40
Last Modified: 22 Jun 2018 04:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4544

Actions (login required)

View Item View Item