Analisis Arus Lalu Lintas Kendaraan Truk Batu Bara Terhadap Kinerja Jalan (Studi Kasus: Jl. Muara Tembesi)

Naibaho, Gerardo (2023) Analisis Arus Lalu Lintas Kendaraan Truk Batu Bara Terhadap Kinerja Jalan (Studi Kasus: Jl. Muara Tembesi). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (105kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (126kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (59kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (79kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (85kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (604kB)
[img] Text
skripsi full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Jalan adalah jalur-jalur yang ada di atas permukaan bumi yang dengan sengaja dibuat oleh manusia dengan berbagai bentuk, ukuran dan konstruksinya untuk dapat digunakan untuk menyalurkan lalu lintas orang, hewan dan kendaraan yang mengangkut barang-barang dari tempat yang satu ke tempat yang lain dengan cepat dan mudah. Penelitian ini akan dilakukan dengan mengitung kinerja jalan dengan melihat pengaruh volume truk batu bara pada saat melintasi jalan dan ketika tidak melintasi jalan. Jalan yang akan dijadikan tempat penelitian yaitu Jl. Muara Tembesi, dimana jalan ini menjadi salah satu jalan yang ramai dilewati oleh kendaraan truk batu bara. Penelitian ini berpedoman pada MKJI 1997 dalam melakukan survey. Metode penelitian menggunakan metode pengambilan data di lapangan dan perhitungan kinerja jalan. Upaya dalam melihat besarnya pengaruh arus kendaraan truk batu bara pada kinerja jalan dilakukan dengan membandingkan kinerja jalan kondisi eksisting dan pada saat truk batu bara tidak melintasi jalan. Survey dilakukan dalam 3 hari yaitu 2 hari kerja dan 1 hari libur. Dari hasil dari survey selama 3 hari tersebut dan setelah dilakukannya analisis data maka diperoleh jam puncak selama 3 hari survey didapatkan pada hari senin pukul 20.00 wib – pukul 21.00 wib dengan volume pada kondisi eksisting sebesar 2059 smp/jam dan tanpa arus lalu lintas truk batu bara sebesar 1161 smp/jam, sehingga didapat selisih volume sebesar 898 smp/jam. Nilai derajat kejenuhan didapat pada kondisi eksisting yaitu sebesar 84 dan tanpa arus lalu lintas truk batu bara didapat sebesar 0,47 sehingga selisih derajat kejenuhan didapat yaitu sebesar 0,37. Untuk kapasitas jalan melalui survey geometrik jalan didapat bahwa jalan dapat menampung maksimal 2454,27 smp/jam. KATA KUNCI: Jalan, Arus Kendaraan Truk Batu Bara, Kinerja Jalan ABSTRACT Roads are paths that exist on the surface of the earth that are deliberately made by humans with various shapes, sizes and constructions to be used to flow the traffic of people, animals and vehicles that transport goods from one place to another quickly. and easy. This research will be carried out by calculating the performance of the road by looking at the effect of the volume of coal trucks when they are drying the road and when they are not drying the road. The road that will be used as a research location is Jl. Muara Tembesi, where this road is one of the busy roads traversed by coal truck vehicles. This research is guided by MKJI 1997 in conducting a survey. The research method uses field data collection methods and road performance calculations. Efforts to see the magnitude of the influence of the flow of coal truck vehicles on road performance is carried out by comparing the performance of existing road conditions and when the coal trucks are not sunbathing on the road. The survey was conducted in 3 days, namely 2 working days and 1 holiday. From the results of the 3-day survey and after conducting data analysis, the peak hours for 3 survey days were obtained on Monday at 20.00 WIB - 21.00 WIB with a volume in the existing conditions of 2059 pcu/hour and without coal truck traffic flow of 1161 pcu/hour, resulting in a volume difference of 898 pcu/hour. The degree of saturation value obtained in the existing condition is equal to 84 and without coal truck traffic is obtained at 0.47 so that the difference in degree of saturation is obtained which is equal to 0.37. For road capacity through a road geometric survey, it was found that the road can accommodate a maximum of 2454.27 pcu/hour. KEYWORDS: Roads, Coal Truck Vehicle Flows, Road Performance

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Jalan, Arus Kendaraan Truk Batu Bara, Kinerja Jalan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Naibaho
Date Deposited: 28 Feb 2023 06:19
Last Modified: 28 Feb 2023 06:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45449

Actions (login required)

View Item View Item