KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI MIPA 3 SMAN 1 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2017/2018 DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE

ROHMANA, AGMAL KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI MIPA 3 SMAN 1 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2017/2018 DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE. JURNAL KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI MIPA 3 SMAN 1 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2017/2018 DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (59kB)

Abstract

ABSTRAK Rohmana, A. 2018. Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018 Dengan Model Pembelajaran Think Pair Share: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Hj. Yusra Dewi, M.Pd., (II) Drs. Eddy Pahar Harahap, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan, Menulis Cerpen, Model Pembelajaran, Think Pair Share Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018 dengan model pembelajaran Think Pair Share. Manfaat penelitian adalah sebagai dasar untuk mengembangkan pembelajaran menulis sehingga pemahaman tentang teks cerpen dapat ditingkatkan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Maksudnya, pada penelitian ini penulis mendeskripsikan kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Kota Jambi. Peneliti juga mendeskripsikan atau mengamati berjalannya model pembelajaran think pair share yang digunakan pada kelas tersebut. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 38 orang siswa yang diambil dari siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes berupa soal yang menginstruksikan siswa menulis teks cerpen. Hasil penelitian ini diketahui bahwa model pembelajaran Think Pair Share secara umum berhasil diterapkan pada proses pembelajaran di kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Kota Jambi dalam materi cerpen. Kemampuan menulis cerpen tersebut diperoleh dari mencari nilai individu masing masing siswa yang dilakukan oleh penilai I yaitu guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan penilai II peneliti sendiri dan dirata-ratakan. Setelah hasil tersebut didapatkan maka barulah dapat disimpulkan kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Kota Jambi. Diketahui kemampuan menulis cerpen dari aspek tema memperoleh nilai 88 kriteria sangat mampu, aspek alur memperoleh nilah 72 kriteria mampu, aspek tokoh dan penokohan mendapat nilai 68 kriteria mampu, aspek latar mendapat nilai 74 kriteria mampu, aspek sudut pandang mendapat nilai 66 kriteria mampu, aspek amanat mendapat nilai 56 kriteria cukup mampu, dan aspek gaya bahasa mendapat nilai 56 kriteria cukup mampu. Sehingga dapat diketahui kemampuan siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Kota Jambi dengan model pembelajaran Think Pair Share memperoleh nilai 68. Nilai tersebut dalam skala interval 100, berada di interval nilai 60-79,99 dengan kriteria mampu. Setelah dilakukan penelitian, terlihat hasil dari penggunaan model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas XI MIPA 3 menghasilkan kemampuan menulis cerpen yang tergolong dalam kriteria mampu. Disarankan kepada guru hendaknya dalam pembelajaran cerita pendek menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih cermat dalam perencanaan dan pelaksanaan setiap langkahnya, baik kegiatan think, pair, atau share. Sehingga setiap deskripsi kegiatan pembelajaran dapat terlaksana.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AGMAL ROHMANA
Date Deposited: 22 Jun 2018 09:16
Last Modified: 22 Jun 2018 09:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4547

Actions (login required)

View Item View Item