PUJI LESTARI, ENDANG KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 12 TANJUNG JABUNG TIMUR. KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 12 TANJUNG JABUNG TIMUR. (Submitted)
Text
ARTIKEL(1).pdf Download (306kB) |
Abstract
ABSTRAK Lestari, Endang Puji. 2018. Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII A SMP Negeri 12 Tanjung Jabung Timur: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Prof. H. Yundi Fitrah, Drs., M.Hum., Ph.D., (II) Dra. Hj. Yusra D., M.Pd. Kata Kunci:kemampuan, menulis, dan teks deskripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII A SMP Negeri 12 Tanjung Jabung Timur berdasarkan aspek ciri teks deskripsi yang meliputi menggambarkan atau melukisan sesuatu objek dengan jelas dan mendetail, penggambaran objek dilakukan secara jelas dengan melibatkan kesan indra, dan bertujuan membuat pembaca dapat mencermati apa yang dituangkan penulis, dan juga berdasarkan aspek kebahasaan teks deskripsi yang meliputi ejaan dan tanda baca, pilihan kata atau diksi, dan kalimat efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskripsi dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 12 Tanjung Jabung Timur yang berjumlah 22 siswa. Instrumen penelitian ini berupa instrumen tes menulis teks deskripsi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi penilaian hasil kerja siswa yang dinilai oleh dua penilai yaitu penilai 1 (Guru Bahasa Indonesia) dan penilai 2 (Peneliti). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII A SMP Negeri 12 Tanjung Jabung Timur termasuk dalam kategori “mampu” dengan nilai 79,27 berada pada interval nilai 66-79,99.Hasil perolehan nilaiberdasarkan ciri pertama teks deskripsi yakni menggambarkan atau melukiskan sesuatu objek dengan jelas dan mendetail termasuk kategori “sangat mampu” dengan nilai 86,81. Berdasarkan ciri kedua teks deskripsi yakni penggambaran objek dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indra termasuk kategori “sangat mampu” dengan nilai 85,45. Berdasarkan ciri ketiga teks deskripsi yakni bertujuan membuat pembaca mencermati apa yang dituangkan penulis termasuk kategori “mampu” dengan nilai 76,81. Berdasarkan aspek kebahasaan teks deskripsi yang pertama yakni penggunaan ejaan dan tanda baca termasuk kategori “mampu” dengan nilai 75,90. Berdasarkan aspek kebahasaan teks deskripsi yang kedua yakni pemilihan kata atau diksi termasuk kategori “mampu”, dengan nilai 75,90. Berdasarkan aspek kebahasaan teks deskripsi yang ketiga yakni penggunaan kalimat efektif termasuk kategori “mampu” dengan nilai 76,36. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada guru dan siswa kelas VII A SMP Negeri 12 Tanjung Jabung Timur agar berupaya meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi terutama pada bagian aspek ciri yang bertujuan membuat pembaca dapat mencermati apa yang dituangkan penulis serta pada keseluruhan aspek kebahasan teks deskripsi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | ENDANG PUJI LESTARI |
Date Deposited: | 25 Jun 2018 00:43 |
Last Modified: | 25 Jun 2018 00:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4548 |
Actions (login required)
View Item |