ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN LUAR KELAS BERBASIS MODELLING MATHEMATICS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP

Nur abdillah, Amallia and Sofnidar, Sofnidar and Kamid, Kamid ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN LUAR KELAS BERBASIS MODELLING MATHEMATICS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP. Repository UNJA. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran luar kelas berbasis Modelling Mathematics ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VIII SMP, dan untuk mengetahui Tipe gaya belajar yang sesuai dengan proses pembelajaran luar kelas berbasis Modelling Mathematics di kelas VIII SMP. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang dikembangkan dengan menggunakan model 3-D (define, design, dan devalopment). Pertama melakukan analisis pada tahap define, dilanjutkan dengan membuat rancangan awal dan melakukan pengembangan terhadap buku ajar. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 12 Merangin pada Januari 2018. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen yang ditujukan untuk mengetahui kualitas buku ajar menurut kriteria Nieveen yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Kriteria kevalidan dengan menggunakan angket validasi dan materi, kepraktisan dengan dengan menggunakan angket penilaian guru dan siswa. Serta keefektifan dengan menggunakan tes hasil belajar. Setelah angket dikembalikan, data dianalisis secara deskripsi kuantitatif dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar untuk guru yang dikembangkan dikatakan memenuhi kriteria kevalidan yang dilihat dari validasi materi sebesar 75% dengan kategori valid dan validasi desain sebesar 94,23% dengan kategori sangat valid. Untuk kriteria kepraktisan telah terpenuhi berdasarkan hasil penilaian guru sebesar 85,88% dan hasil penilaian siswa rata-rata sebesar 88,53% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan untuk kefektifan terpenuhi berdasarkan test hasil belajar dengan indikator kreativitas yang meningkat dilihat dari perhitungan uji gain sebesar 0,33 dengan kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku ajar untuk guru hasil pengembangan telah memenuhi kualitas buku ajar yang baik.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AMALLIA NUR ABDILLAH
Date Deposited: 25 Jun 2018 06:41
Last Modified: 25 Jun 2018 06:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4551

Actions (login required)

View Item View Item