Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Beriman Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia di Sekolah Penggerak

Jannah, Anisa Nurul (2023) Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Beriman Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia di Sekolah Penggerak. S1 thesis, Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

[img] Text
SKRIPSI FINAL ANISA NURUL JANNAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan.pdf

Download (225kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (519kB)

Abstract

Jannah, Anisa Nurul. 2023. Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Beriman Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia Di Sekolah Penggerak : Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Dr. Yantoro, M.Pd., (II) Muhammad Sholeh, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Implementasi, profil pelajar pancasila, dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sekolah penggerak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi profil pelajar pancasila dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia di sekolah penggerak. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 47/IV Kota Jambi pada semester ganjil Tahun Ajaran 2022/2023. Data penelitian diperoleh melalui observasi (sebagai data utama), wawancara dan studi dokumen (sebagai data penunjang). Subjek penelitian pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profil pelajar pancasila dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa telah diimplementasikan di SDN 47/IV Kota Jambi. Tahapan implementasi melalui kegiatan projek telah diimplementasikan sesuai dengan yang tertuang pada kemendikbud, 2022, yakni dimulai dari memahami projek penguatan profil pelajar Pancasila, menyiapkan ekosistem sekolah, mendesain projek penguatan profil pelajar Pancasila, mengelola projek penguatan profil pelajar Pancasila, mengolah assesmen dan melaporkan hasil projek penguatan profil pelajar Pancasila, hingga evaluasi dan tindak lanjut projek penguatan profil Pelajar Pancasila. Pada tahap pelaksanaannya, kepala sekolah juga terlibat secara aktif. Implementasi profil pelajar Pancasila dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia juga sudah diimplementasikan dengan baik melalui budaya sekolah, projek penguatan profil pelajar pancasila, pembelajaran intrakurikuler, esktrakurikuler, juga keteladanan. Dari hasil penelitian yang diperoleh, untuk kegiatan yang sudah terlaksana, warga sekolah diharapkan dapat menjaga keterlaksanaan berbagai kegiatan tersebut. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat memiliki manfaat bagi penelitian selanjutnya.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Jannah
Date Deposited: 03 Mar 2023 06:37
Last Modified: 03 Mar 2023 06:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45536

Actions (login required)

View Item View Item