ASTRA, RINI PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK BERBASISKONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS III SEKOLAH DASAR. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK BERBASISKONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS III SEKOLAH DASAR.
Text
RINI.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Astra, Rini. 2018. Pengembangan Media Pop Up Book Berbasis Kontekstual Pada Pembelajaran IPS Kelas III Sekolah Dasar: Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Univesitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Syahrial, M., Ed.,PhD., (II) Hendra Budiono S.Pd.,M.Pd. Kata kunci: media pop up book danPembelajaran IPS Penggunaan media dalam pembelajaran IPS sangat dibutuhkan. Dengan adanya media peserta didik dapat lebih memahami materi yang disampaikan. Disekolah hanya menggunakan buku cetak. Untuk itulah dikembangkan media Pop Up Book, yaitu media yang berbentuk tiga dimensi dan dapat dilihat dari segala arah sehingga dapat memvisualisasikan kepada siswa tentang materi didalam kehidupan lingkungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pop Up Book berbasis kontekstual yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, Analyze (analisis), Design (rancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). Hasil penelitian ini berupa media Pop Up Book berbasis kontekstual pada pembelajaran IPS di kelas III Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Hasil validasi oleh validator media diperoleh rata-rata 4,70 tingkat kevalidan dengan kategori sangat baik. Hasil validasi oleh validator materi rata-rata 4,25 dengan kategori sangat baik. Setelah layak untuk diuji cobakan, maka peneliti melakukan uji coba lapangan dikelas III A. Hasil angket respon guru memperoleh skor rata-rata 4,80 dengan kategori sangat praktis. Hasil wawancara menunjukkan bahwa media ini sangat valid dan praktis. Kesimpulan peneliti ini adalah media Pop Up Book berbasis kontekstual layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran IPS dikelas III Sekolah Dasar khususnya pada materi jenis-jenis pekerjaan.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RINI ASTRA |
Date Deposited: | 25 Jun 2018 04:30 |
Last Modified: | 25 Jun 2018 04:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4560 |
Actions (login required)
View Item |