Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Keterampilan Metakognisi Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Relasi dan Fungsi di Kelas X SMA

Khairunnisa, Nurdina and Iriani, Dewi and Syafmen, Wardi Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Keterampilan Metakognisi Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Relasi dan Fungsi di Kelas X SMA. Repository Unja. (Submitted)

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran matematika berbasis keterampilan metakognisi dalam pemecahan masalah matematika siswa dan menguji kelayakan modul. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Muaro Jambi pada Januari 2018. Data yang diperoleh dengan cara melihat kevalidan oleh ahli, kepraktisan menggunakan angket respon guru dan siswa serta lembar observasi guru, dan keefektifan menggunaakan lembar observasi siswa dan tes keterampilan metakognisi dalam pemecahan masalah. Pada tahap define dilakukan analisis ujung-depan, analisis siswa, analisis materi, analisis tugas dan spesikasi tujuan pembelajaran. Tahap design merancang modul yang menggunakan keterampilan metakognisi dan indikator pemecahan masalah. Pada tahap development, modul divalidasi oleh tim ahli materi dan desain diperoleh persentase 77,41% dan 72,92% dengan kriteria cukup valid/dapat digunakan dengan revisi kecil. Sehingga modul memenuhi kriteria kevalidan. Selanjutnya dilakukan ujicoba perorangan dan ujicoba kelompok kecil 14 siswa, diperoleh hasil respon terhadap modul 82,22% dan 85,07%. Pada ujicoba lapangan diperoleh respon siswa 80,53% dan hasil pengamatan aktivitas guru diperoleh rata-rata 82,81% sehingga modul dapat dikatakan praktis karena keseluruhan memperoleh kriteria Sangat Baik. Sedangkan tes keterampilan metakognisi dalam pemecahan masalah diperoleh rata-rata kelas 75,125 dengan ketuntasan klasikal 81,25% yang berarti tuntas sehingga kelas dikatakan mampu memecahkan masalah. Hasil pengamatan aktivitas siswa diperoleh rata-rata 79,30% dengan kategori sangat baik. Sehingga modul memenuhi kriteria efektif. Dengan demikian, modul layak digunakan karena memenuhi kriteria valid, Praktis dan efektif. Dari hasil penelitian ini disarankan agar peneliti lain dapat mengembangkan modul serupa dengan materi lain untuk meningkatkan pemecahan masalah matematika siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NURDINA KHAIRUNNISA
Date Deposited: 25 Jun 2018 06:41
Last Modified: 25 Jun 2018 06:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4562

Actions (login required)

View Item View Item