Aulya, Desri Roza MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA MELALUI MODEL ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS IV SD IQRA MUARA BULIAN. JURNAL MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA MELALUI MODEL ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS IV SD IQRA MUARA BULIAN.
Text
ARTIKEL ILMIAH FIX.pdf Download (440kB) |
Abstract
ABSTRAK Aulya, Desri Roza. 2018.“Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Melalui Model Role Playing pada siswa kelas IV SD Iqra Muara Bulian”. Skripsi Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs.Arsil, M.Pd., (II) Ahmad Hariandi S.Pd.I, M.Ag Kata kunci : Rasa Percaya Diri, Role Playing. Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa rasa percaya diri siswa pada pembelajaran di kelas IV SD Iqra Muara Bulian masih kurang dengan hasil observasi rasa percaya diri siswa sebesar 40%. Kurangnya kesempatan yang diberikan oleh guru kepada siswa untuk tampil didepan kelas mengakibatkan timbulnya kesenjangan dalam siswa menyampaikan pendapat atau sekedar untuk tampil didepan kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa melalui Model Role Playing pada siswa kelas IV SD Iqra Muara Bulian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi rasa percaya diri siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Penelitian ini dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada saat proses belajar mengajar kegiatan pembelajaran menerapkan model pembelajaran Role Playing. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model Role Playing dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa di kelas IV SD Iqra Muara Bulian. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2018. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi (sebagai data utama) dan dokumentasi (sebagai data penunjang). Setelah data dikumpulkan melalui observasi, data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan rumus persentase. Berdasarkan lembar observasi rasa percaya diri siswa menunjukkan adanya peningkatan, dengan hasil persentase rasa percaya diri siswa sebesar 62,88% dengan kategori cukup pada siklus I dan 76,31% dengan kategori baik pada siklus II. Berdasarkan temuan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Rasa percaya diri siswa Kelas IV SD Iqra Muara Bulian dapat meningkat setelah diterapkan model Role Playing.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DESRI ROZA AULYA |
Date Deposited: | 25 Jun 2018 06:41 |
Last Modified: | 25 Jun 2018 06:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4564 |
Actions (login required)
View Item |