Desain Hypothetical Learning Trajectory pada Materi Lingkaran untuk Mendukung Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Problem Based Learning

PANJAITAN, TALENTA (2023) Desain Hypothetical Learning Trajectory pada Materi Lingkaran untuk Mendukung Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Problem Based Learning. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Skripsi Talenta_Panjaitan_A1C219067_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (511kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (137kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (127kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penemuan masalah proses pembelajaran yang belum mendukung kemampuan pemecahan masalah dan rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah di SMPN 14 Kota Jambi, serta adanya tuntutan penerapan profil pelajar pancasila. Sedangkan, salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah memiliki kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah siswa dapat didukung melalui rancangan pembelajaran yang mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Rancangan pembelajaran tersebut dapat berupa desain Hypothetical Learning Trajectory (HLT) dengan dirancang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang mampu mendukung kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan HLT dan untuk mendeskripsikan kualitas dari HLT pada materi lingkaran untuk mendukung kemampuan pemecahan masalah melalui PBL. Penelitian ini menggunakan metode penelitian desain (design research) dengan tahapan persiapan dan desain, percobaan mengajar, serta analisis retrospektif. Subjek penelitian ini adalah dosen pendidikan matematika FKIP Universitas Jambi sebagai tim ahli validasi, guru matematika SMP Negeri 14 Kota Jambi, serta siswa kelas VIII D SMP Negeri 14 Kota Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain HLT pada materi lingkaran untuk mendukung kemampuan pemecahan masalah melalui PBL sesuai dengan tahapan pada penelitian desain yang menghasilkan sebuah learning trajectory serta sesuai dengan kriteria kualitas suatu produk, yakni: 1) kriteria valid dengan persentase kevalidan materi HLT 86,15% (sangat valid), materi RPP 87,06% (sangat valid), materi LKPD 88,67% (sangat valid), dan desain LKPD 84,54% (valid); 2) kriteria praktis dengan persentase kepraktisan HLT oleh guru 92,73% (sangat praktis), kepraktisan LKPD oleh guru 93,75% (sangat praktis), kepraktisan LKPD oleh siswa 87,36% (sangat praktis); 3) kriteria efektif dengan rata-rata persentase keefektifan observasi aktivitas guru 97,62% (sangat efektif), observasi aktivitas siswa 81,10% (sangat efektif), observasi presentasi siswa 81,25% (sangat efektif), nilai tes kemampuan pemecahan masalah siswa terdapat lebih dari 75% siswa yang memperoleh minimal berkriteria tinggi, maka hypothetical learning trajectory dapat mendukung kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata kunci: Hypothetical Learning Trajectory, Lingkaran, Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem Based Learning.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hypothetical Learning Trajectory, Lingkaran, Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Panjaitan
Date Deposited: 08 Mar 2023 01:58
Last Modified: 08 Mar 2023 01:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45642

Actions (login required)

View Item View Item