PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID BERBASIS MOBILE LEARNING MENGGUNAKAN MIT APP INVENTOR PADA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS X IPA

PRATAMA, AHMAD RIOMA PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID BERBASIS MOBILE LEARNING MENGGUNAKAN MIT APP INVENTOR PADA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS X IPA. JURNAL PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID BERBASIS MOBILE LEARNING MENGGUNAKAN MIT APP INVENTOR PADA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS X IPA.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK Rioma, Ahmad. 2018. Pengembangan Aplikasi Android Berbasis Mobile Learning Menggunakan MIT App Inventor pada Pembelajaran Fisika Materi Suhu dan Kalor Kelas X IPA: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (1) Nehru, S.Si, M.T., (II) Wawan Kurniawan, S.Si, M.Cs. Kata Kunci : Android, Mobile Learning, Suhu dan Kalor. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengembangkan media pembelajaran fisika berbasis android menggunakan mit app inventor pada materi suhu dan kalor kelas X, dan (2) melihat tanggapan/respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran fisika berbasis android menggunakan mit app inventor pada materi suhu dan kalor kelas X. Perkembangan teknologi mobile saat ini begitu pesat, salah satu perangkat mobile yang saat ini sudah umum digunakan adalah android. Android merupakan media yang efektif karena hampir semua siswa sudah memiliki dan menjadikan belajar lebih fleksibel kapanpun dan di manapun. Salah satu materi yang membutuhkan media dalam proses belajar adalah Suhu dan Kalor. Hal ini karena konsep yang dibahas bersifat abstrak dan membutuhkan praktik tetapi bahan untuk praktikum tidak selalu tersedia sehingga siswa kurang untuk memahami konsep materi suhu dan kalor. Penggunaan smartphone android merupakan media yang efektif sebagai alat bantu dan penunjang pelengkap pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE, meliputi dari lima tahapan yang terdiri dari Analyze (menganalisis), Design (merancang), Develop (mengembangangkan), Implement (menerapkan) dan Evaluate (mengevaluasi). Penelitian ini dibatasi sampai tahap Develop (mengembangkan). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari dua, yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi ahli dan angket persepsi siswa terhadap aplikasi yang dihasilkan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi. Hasil pengembangan ini berupa aplikasi media pembelajaran Fisika materi Suhu dan Kalor pada aplikasi android, media ini dinyatakan layak untuk digunakan setelah dilakukan validasi sebanyak dua kali oleh validator ahli media dan ahli materi. Adapun hasil pengujian kelayakan berdasarkan persepsi siswa di kelas X IPA 1 SMAN 11 Kota Jambi diperoleh skor dari aspek efektivitas media sebesar 108,62. Aspek motivasi belajar sebesar 106,25 dan aspek aktifitas belajar sebesar 103,8. Adapun nilai rata-rata ketiga aspek adalah 106,22. Hasil ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dihasilkan baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran fisika.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Depositing User: AHMAD RIOMA PRATAMA
Date Deposited: 25 Jun 2018 08:20
Last Modified: 25 Jun 2018 08:20
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4565

Actions (login required)

View Item View Item