ZULHEN, AHMAD PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN SOFTWARE CAMTASIA STUDIO8 PADA MATERI VEKTOR KELAS X. JURNAL PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN SOFTWARE CAMTASIA STUDIO8 PADA MATERI VEKTOR KELAS X.
Text
ARTIKEL.pdf Download (16kB) |
Abstract
ABSTRAK Zulhen, Ahmad. 2018. Pengembangan video pembelajaran fisika menggunakan software Camtasia studio8 materi vektor kelas X: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Maison, M.Si., PhD (II) Haerul Pathoni, S.Pd., M.PFis Kata Kunci: Video pembelajaran,Camtasia studio8,Vektor. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan video pembelajaran fisika menggunakan software Camtasia studio8 materi vektor untuk kelas X SMA, (2) mengetahui persepsi siswa mengenai video pembelajaran fisika pada materi vektor. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan Information and Communication Technology (ICT) di dunia pendidikan untuk membantu proses belajar mengajar. Salah satu pemanfaatan ICT tersebut adalah pengembangan video pembelajaran dengan menggunakan software Camtasia studio8. Langkah-langkah dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE meliputi: (1)Analisis, (2)Desain, (3)Developmen, (4)implementasi, (5) Evaluasi. Tapi pada tahap implementasi tidak dilakukan karena hanya sebatas uji coba produk. Bahan video pembelajaran sebagai media pembelajaran fisika yang telah selesai dibuat, kemudian di validasi tim ahli media dan tim ahli materi. Hasil pengembangan ini berupa media video pembelajaran fisika materi vektor. Media ini di nyatakan layak digunakan setelah dilakukan validasi sebanyak 2 kali oleh validator ahli media dan ahli materi. Dari hasil uji coba di kelas XIPA SMA PGRI 2 Kota Jambi, didapatkan reliabilitas angket penelitian sebesar r11 =0,8614 angka ini menunjukkan reliabilitas sangat tinggi sehingga dapat dipercaya untuk mengambil data penelitian. Sedangkan uji coba terhadap kelas XIPA SMA PGRI 2 Kota Jambi adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap media yang dikembangkan. Setelah dilakukan uji coba didapatkan hasil untuk aspek efektivitas media mencapai skor 92 (Baik), aspek motivasi belajar 90,75 (Baik), dan aspek aktivitas belajar siswa 93,66 (Baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa persepsi siswa terhadap penggunaan media video pembelajaran fisika adalah baik dan video pembelajaran ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran fisika dengan materi vektor.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Depositing User: | AHMAD ZULHEN |
Date Deposited: | 25 Jun 2018 08:20 |
Last Modified: | 25 Jun 2018 08:20 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4566 |
Actions (login required)
View Item |