Meilinda, Hanny Tri (2023) Evaluasi Beban Kerja Mental Dosen Pada E-Learning Universitas Jambi Menggunakan Metode Nasa-Tlx. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK (2).pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
BAB I (3).pdf Download (334kB) |
![]() |
Text
BAB V (2).pdf Download (99kB) |
![]() |
Text
COVER (1).pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN (1).pdf Download (660kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi di Indonesia saat ini berkembang sangat pesat, salah satunya di bidang pendidikan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang nyaman yaitu memperhatikan kesehatan serta kondisi mental dosen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menilai beban mental Dosen yang aktif di Universitas Jambi pada E-Learning menggunakan Metode NASA-TLX. Dalam penelitian yang dilakukan populasi penelitian terdiri dari Dosen Universitas Jambi yang berjumlah 1.127. Populasi diambil dari Dosen Universitas Jambi merupakan pengguna aktif dari E-Learning Universitas Jambi. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu berjumlah 100 responden. Dalam penelitian ini, pengukuran kerja mental secara subjektif dilakukan dengan metode NASA-TLX dengan menggunakan kuesioner untuk mengetahui tingkat Beban Kerja Mental Dosen pada E-Learning Universitas Jambi. Metode NASA-TLX memiliki enam skala, yaitu Mental Demand (kebutuhan mental), Physical Demand (kebutuhan fisik), Temporal Demand (kebutuhan waktu), Performance (performa), Effort (tingkat usaha), dan Frustration Demand (tingkat frustasi). Hasil yang diperoleh dari perhitungan beban mental dosen Universitas Jambi pada E-Learning Universitas Jambi menggunakan Metode NASA-TLX tersebut menunjukkan bahwa dari 100 responden yaitu Dosen pengguna E-Learning Universitas Jambi diketahui sebanyak 42 responden (42%) dikategorikan dalam beban kerja mental rendah, 30 responden (30%) dikategorikan dalam beban kerja mental sedang dan 28 responden (28%) dikategorikan dalam beban kerja mental tinggi. Maka beban kerja mental yang dirasakan oleh Dosen Universitas Jambi ketika menggunakan E-Learning yaitu dikategorikan sebagai beban kerja mental rendah. Indikator yang paling mempengaruhi besarnya beban kerja mental dosen pada saat menggunakan E-Learning Universitas Jambi yaitu indikator performansi sebesar 30%, indikator usaha sebesar 24%, dan indikator kebutuhan waktu sebesar 15%.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | beban kerja mental dosen, metode NASA-TLX, ergonomi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | Meilinda |
Date Deposited: | 08 Mar 2023 02:01 |
Last Modified: | 08 Mar 2023 02:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45671 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |