Gusrianti, Rita and Nugraha, Ugi and Widowati, Atri (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MUATAN IPA DENGAN MENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS IV MI SALAMAH KOTA JAMBI. S2 thesis, Pendidikan Dasar.
Text
COVER TESIS RITA.pdf Download (21kB) |
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (243kB) |
|
Text
ABSTRK.pdf Download (13kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (236kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (326kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (451kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (92kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada tema selalu berhemat energi dengan subtema sumber energi di kelas IV MI Salamah Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada tema selalu berhemat energi dengan subtema sumber energi di kelas IV MI Salamah Kota Jambi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran Model contextual teaching and learning (CTL) pada mata pelajaran IPA di kelas IV A MI Salamah Kota Jambi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Salamah Kota Jambi yang berjumlah 24 orang peserta didik. Di mana peserta didik yang berjenis kelamin laki-laki 12 orang dan yang berjenis kelamin perempuan 12 orang. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dokumentasi. Setelah menerapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL) hasil belajar peserta didik meningkat. Setelah data diperoleh dan dianalisis maka dapat diketahui hasil belajar peserta didik meningkat pada tema selalu berhemat energi dengan subtema sumber energi di kelas IV MI Salamah Kota Jambi. sebelum dan sesudah tindakan adalah sebagai berikut: 1) Sebelum dilakukan tindakan hasil belajar peserta didik kelas IV MI Salamah Kota Jambi masih rendah yaitu 21% dan 2) setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama hasil belajar peserta didik kelas IV MI Salamah Kota Jambi dengan menggunakan model CTL meningkat menjadi 46% dan 3) Setelah dilakukan tindakan pada siklus kedua hasil belajar peserta didik kelas IV MI Salamah Kota Jambi 87% Kata Kunci :CTL, Hasil Belajar Peserta didik, IPA
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Rita Gusrianti |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 08:23 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 08:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45679 |
Actions (login required)
View Item |