ARDIANTI, NOVA (2023) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS VI SDN 154/1V KOTA JAMBI. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
COVER.pdf - Published Version Download (117kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (13kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version Download (123kB) |
|
Text
BAB 1.pdf - Published Version Download (293kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Download (339kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (669kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (113kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (126kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Download (665kB) |
|
Text
Keterangan Sudah Penelitian.pdf - Published Version Download (248kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (75kB) |
|
Text
Lampiran.pdf - Published Version Download (635kB) |
Abstract
ABSTRAK Peggunaan Model Pembelajaran RADEC Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Tematk di Kelas VI SDN 154/IV Kota Jambi Oleh: Nova Ardianti P2A621006 Program Studi Magister Pendidikan Dasar Keaktifan merupakan hal yang terpenting dalam proses pembelajaran. Jika siswa berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, maka proses pembelajaran akan berjalan dengan baik dan tujuan pembelajaranpun dapat tercapai. Dalam penelitian ini ditemukan permasalahan rendahnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini terlihat pada kegiatan observasi di SDN 154/IV Kota Jambi pada siswa kelas VI, bahwa siswa kurang terlibat langsung dalam diskusi, kurang berani dalam mengajukan atau mnjawab pertanyaan serta kurang berani mengemukakan hasil pemikirannya. Yang Menjadi hambatan pada permasalahan ini adalah kurang adanya penggunaan model pembelajaran yang inovatif yang dilakukan guru untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa, sehingga kurangnya keaktifan belajar siswa, pembelajaran masih berpusat pada guru dan hal ini tentunya berdampak pada hasil belajar yang rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Objek pada penelitian ini adalah 9 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan dengan jumlah keseluruhan sebanyak 20 orang. Solusi dari permasalahan ini adalah menggunakan model pembelajaran RADEC. Data penelitian diperoleh melalui observasi langsung selama pembelajaran, catatan dan refleksi guru dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan keaktifan belajar siswa pada siklus I diperoleh skor keaktifan belajar siswa sebesar 50,7%, sedangkan skor keaktifan siswa pada siklus II sebesar 80%. Begitu pula dengan hasil belajar pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 74, pada siklus II dengan nilai rata-rata 84,5. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran RADEC pada pembelajaran tematik di kelas VI SDN 154/IV Kota Jambi dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran RADEC, Keaktifan Siswa, Pembelajaran Tematik. ABSTRACT Using the RADEC Learning Model to Increase Activeness Students in Thematic Learning in Class VI of SDN 154/IV Jambi City By: Nova Ardianti P2A621006 Basic Education Masters Study Program Activeness is the most important thing in the learning process. If students participate actively in the learning process, the learning process will run well and the learning objectives can be achieved. In this study found the problem of low student activity in the learning process. This can be seen in the observation activities at SDN 154/IV Jambi City in class VI students, that students are not directly involved in discussions, lack the courage to ask or answer questions and lack the courage to express their thoughts. The obstacle to this problem is the lack of use of innovative learning models by teachers to increase student learning activeness, resulting in a lack of student learning activeness, learning is still teacher-centered and this certainly has an impact on low learning outcomes. This research is a classroom action research using the Kemmis and Mc. Taggart. The objects in this study were 9 male students and 11 female students with a total of 20 students. The solution to this problem is to use the RADEC learning model. Research data were obtained through direct observation during learning, teacher notes and reflections and documentation. The results of this study showed that the activeness of student learning in cycle I obtained a score of 50.7% for student activeness, while the score of student activeness in cycle II was 80%. Likewise, the learning outcomes in cycle I obtained an average value of 74, in cycle II with an average value of 84.5. Thus the use of the RADEC learning model in thematic learning in class VI of SDN 154/IV Jambi City can increase student learning activity. Keywords: RADEC Learning Model, Student Activeness, Thematic Learning.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran RADEC, Keaktifan Siswa, Pembelajaran Tematik. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | NOVA ARDIANTI |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 07:36 |
Last Modified: | 10 Mar 2023 07:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45767 |
Actions (login required)
View Item |