PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS XI IPS SMA N 10 KOTA JAMBI

LIMBONG, INDAH NOFRIDA PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS XI IPS SMA N 10 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS XI IPS.

[img] Text
Artikel Ilmiah Indah Nofrida Limbong.pdf

Download (330kB)

Abstract

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS XI IPS SMA N 10 KOTA JAMBI Oleh: Indah Nofrida Limbong1), Irzal Anderson2), Maryatun Kabatiah3) 1Mahasiswa S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan PIPS FKIP Universitas Jambi 2Dosen Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan PIPS FKIP Universitas Jambi Jambi, Indonesia Email: indah.nofrida@gmail.com irzalanderson@gmail.com maryatunkabatiah@yahoo.co.id Salah satu masalah yang terdapat pada pembelajaran PPKn di sekolah adalah siswa kurang dilatih untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis melalui soal-soal yang diberikan guru dan guru masih sering menggunakan model ceramah dan tanya jawab, akibatnya kurang merangsang kemampuan berpikir kritis siswa, siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kasus-kasus, mengevaluasi argumen dalam materi yang diberikan oleh guru di kelas, siswa kesulitan menganalisis informasi yang ada, sehingga siswa menerima apa adanya informasi dan siswa sulit mengevalusi dan menyimpulkan keputusan dalam setiap pertanyaan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XI IPS SMA N 10 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis true experimental. Rancangan penelitian yang digunakan adalah posttest only control design. Penelitian ini dilakukan di SMA N 10 Kota Jambi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS1 (eksperimen) dan XI IPS2 (kontrol) yang jumlah siswa masing-masing kelasnya 34 orang siswa. Tahap penelitian dilaksanakan pada tiga tahap, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengolahan data. Data disimpulkan melalui hasil kemampuan berpikir kritis siswa untuk menguji hipotesis yang telah dinyatakan. Hasil penelitian yang diperoleh, rata-rata nilai kelas eksperiman adalah 63,61 dan siswa kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 55,88. Setelah diuji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai T_hitung sebesar 5,235 sedangkan T_tabel yaitu 2,000. Karena nilai thitung > ttabel (5,235> 2,000) maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan ada pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa diterima. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XI IPS SMA N 10 Kota Jambi. Saran yang dapat diajukan adalah guru dapat menerapkan model Problem Based Learning dalam proses pembelajaran sehingga mampu mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: INDAH NOFRIDA LIMBONG
Date Deposited: 26 Jun 2018 08:17
Last Modified: 26 Jun 2018 08:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4579

Actions (login required)

View Item View Item