Prasetyo, Fengki (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT 2016 PADA SUBTEMA 1 MANUSIA DAN LINGKUNGAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR. PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT 2016 PADA SUBTEMA 1 MANUSIA DAN LINGKUNGAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR.
Text
ARTIKEL ILMIAH_FENGKI PRASETYO_A1D114001.pdf Download (371kB) |
Abstract
Prasetyo, Fengki. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powerpoint 2016 Pada Subtema 1 Manusia dan Lingkunga di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing I (1) Dra. Hj. Desrinelli, M.Pd (2) Muhammad Sofwan, M.Pd. Kata Kunci: pengembanga, multimedia interaktif, powerpoint Penggunaan media dalam pembelajaran memiliki peranan yang penting. Salah satunya multimedia interaktif. Pembelajaran dengan multimedia interaktif mampu mengaktifkan peserta didik untuk belajar dengan motivasi yang tinggi karena ketertarikannya pada sistem multimedia yang mampu menyuguhkan tampilan teks, gambar, video, suara, dan animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan dan menghasilkan produk berupa multimedia interaktif yang valid, dan praktis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini model pengembanagan ADDIE yang terdiri 5 tahapan pengembangan yaitu, Analysis (Analsis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu 6 orang siswa kelas VA SD Negeri 55/I Sridadi. Hasil penelitian menunjukkan uji kevalidan media termasuk kategori sangat valid, dengan nilai persentase 94,28% oleh ahli media dari 14 indikator yaitu Ketepatan pemilihan agar mudah dibaca, ketepatan pemilihan huruf agar mudah dibaca, ketepatan warna tesk agar mudah di baca, kualitas gambar, kesesuaian animasi dengan materi, kemenarikan animasi, ketepatan pemilihan backsound dengan materi, ketepatan sound effec, kualitas video, kesesuain penggunna, dapat digunakan mandiri dan terbimbing, dan kelengkapan petunjuk penggunaan dan kevalidan materi termasuk kategori valid persentase 86% oleh ahli materi dari 10 indikator yaitu Kelengkapan Materi, Kedalaman materi, Keluasan materi, Keakuratan konsep, Keruntutan penyajian, Contoh dalam penyajian, Ilustrasi dalam penyajian, Keterlibatan peserta didik, Kesesuaian dengan tingkat perkembangan berfikir siswa. Tingkat kepraktisan media diperoleh dari wawancara terhadap guru dan siswa, yang mana dari hasil wawancara tentang media dengan menggunakan 6 pertanyaan terhadap guru dan 6 pertanyaan terhadap siswa semua pertanyaan yang diajukan mendaptkan respon yang positif tentang multimedia interaktif yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif pada subtema 1 Manusia dan lingkungan di kelas V Sekolah Dasar termasuk pada kategori sangat valid untuk media, valid untuk materi dan sangat praktis.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | FENGKI PRASETYO |
Date Deposited: | 28 Jun 2018 01:02 |
Last Modified: | 28 Jun 2018 01:02 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4582 |
Actions (login required)
View Item |