Desmarani, Suci (2023) PENGARUH E-LKPD PADA MODEL INQUIRY-FLIPPED CLASSROOM DAN SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. S2 thesis, PENDIDIKAN KIMIA.
![]() |
Text
TESIS SUCI DESMARANI_P2A821010 -1.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (216kB) |
Abstract
Materi ikatan kimia merupakan materi yang tergolong abstrak dan mencangkup banyak teori dan konsep-konsep cukup kompleks yang harus dipahami dengan baik oleh peserta didik. sehingga mengakibatkan materi ikatan kimia menjadi sulit untuk dimengerti oleh sebagian besar peserta didik. Pembelajaran kimia tidak hanya cukup dilakukan dengan cara menghapalkan teori-teori dan konsep saja, melainkan dalam proses pembelajarannya juga menuntut kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik diperlukan inovasi dalam proses pembelajaran, yaitu dengan Pengaruh E-LKPD pada Model Inquiry-Flipped Classroom dan Self Efficacy terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-LKPD pada model inquiry-flipped classroom terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi ikatan kimia. Mengetahui pengaruh self efficacy terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran ikatan kimia. Mengetahui interaksi antara E-LKPD pada model inquiry-flipped classroom dengan self efficacy terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran ikatan kimia. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Exsperimen atau eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 2. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar wawancara dan angket kebutuhan siswa, angket self efficacy dan tes essay kemampuan berpikir kreatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (rata-rata skor jawaban dan persentase). Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan model inquiry-flipped classroom berbantuan media E-LKPD dan kategori self efficacy tinggi memiliki kemampuan berpikir kreatif yang tinggi. Namun tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan self efficacy terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi ikatan kimia. Dikarenakan kemampuan berpikir kreatif peserta didik hanya dipengaruhi oleh variabel independent (model pembelajaran).
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | SUCI DESMARANI |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 03:51 |
Last Modified: | 13 Mar 2023 03:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45836 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |