Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web (Glideapps) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif, Literasi Digital Serta Literasi Sains Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Siswa Kelas VIII J SMP Negeri 11 Kota Jambi

Aprilia, Charolin (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web (Glideapps) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif, Literasi Digital Serta Literasi Sains Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Siswa Kelas VIII J SMP Negeri 11 Kota Jambi. S2 thesis, Magister Pendidikan IPA.

[img] Text
COVER- Tesis Charolin Aprilia Revisi Prodi 08.03.2023.pdf

Download (247kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (350kB)
[img] Text
Hal Persetujuan_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK 04.09.53.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB I- Tesis Charolin Aprilia Revisi Prodi 08.03.2023.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB VI- Tesis Charolin Aprilia Revisi Prodi 08.03.2023.pdf

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN- Tesis Charolin Aprilia Revisi Prodi 08.03.2023.pdf

Download (167kB)

Abstract

ABSTRAK Aprilia, C. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web (Glideapps) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif, Literasi Digital Serta Literasi Sains Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Siswa Kelas VIII J SMP Negeri 11 Kota Jambi. Tesis. Program Magister Pendidikan IPA Universitas Jambi pembimbing I Dr. Dra. Evita Anggereini, M.Si. Pembimbing II Nazarudin, S.Si., M.Sc., Ph.D. Media pembelajaran merupakan bagian dari pembelajaran yang memuat pesan, orang, dan perangkat, yang mengikuti perkembangan teknologi dalam perkembangannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis web (glideapps) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, literasi digital, serta literasi sains pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Jambi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran daring. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Dick & Carey. Subjek uji coba terdiri dari kelompok kecil yang terdiri dari 6 orang dan kelompok besar yang terdiri dari 33 orang yang merupakan siswa SMP Negeri 11 Kota Jambi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara, angket, soal pretest-posttest, dan lembar penilaian validasi. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen one-shot case study. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil validasi ahli materi dan media menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak untuk dilakukan uji coba kelompok kecil. Penilaian guru dan respons siswa terhadap media adalah sangat baik. Efektivitas media pembelajaran berbasis web (glideapss) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dilakukan pada uji kelompok besar memperoleh tingkat efektivitas tinggi dengan nilai rata-rata 0,8609 atau 86,0932%. Efektivitas media pembelajaran berbasis web (glideapss) dalam meningkatkan literasi digital dilakukan pada uji kelompok besar memperoleh nilai rata-rata 0,7757 atau 77,5712% dengan tingkat efektivitas tinggi. Efektivitas media pembelajaran berbasis web (glideapss) dalam meningkatkan literasi sains dilakukan pada uji kelompok besar memperoleh nilai rata-rata 0,7836 atau 78,3601 dengan tingkat efektivitas tinggi. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis web (glideapps) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, literasi digital, serta literasi sains pada materi sistem pencernaan manusia layak dan efektif digunakan pada proses pembelajaran. Kata kunci : Glideapps, kemampuan berpikir kreatif, literasi digital, literasi sains, media berbasis web ABSTRACT Aprilia, C. 2022. Development of Web-Based Learning Media (Glideapps) to Improve Creative Thinking Skills, Digital Literacy and Scientific Literacy in the Material of the Digestive System in Humans Class VIII J Students of SMP Negeri 11 Kota Jambi. Thesis. Jambi University Science Education Masters Program supervisor I Dr. dr. Evita Anggereini, M.Sc. Supervisor II Nazarudin, S.Sc., M.Sc., Ph.D. Learning media is part of learning that contains messages, people, and devices, which follow technological developments in their development. The purpose of this research is to develop web-based learning media (glideapps) to improve creative thinking skills, digital literacy, and scientific literacy in class VIII human digestive system material at SMP Negeri 11 Kota Jambi which can be used in the online learning process. This development research uses the Dick & Carey development model. The test subjects consisted of a small group consisting of 6 people and a large group consisting of 33 people who were students of SMP Negeri 11 Kota Jambi. The instruments used in this study were interviews, questionnaires, pretest-posttest questions, and validation assessment sheets. This study uses a one-shot case study experimental design. The data analysis technique used in this research is descriptive research with a quantitative approach. The results of the validation of material and media experts show that the learning media developed is very feasible for small group trials. Teacher assessment and student response to the media is very good. The effectiveness of web-based learning media (glideapss) in improving creative thinking skills was carried out in large group tests to obtain a high level of effectiveness with an average value of 0,8609 atau 86,0932%. The effectiveness of web-based learning media (glideapss) in increasing digital literacy was carried out in large group tests obtaining an average value 0,7757 atau 77,5712% with a moderate level of effectiveness. The effectiveness of web-based learning media (glideapss) in increasing scientific literacy was carried out in large group tests obtaining an average value of 0,7836 atau 78,3601 with a moderate level of effectiveness. It can be concluded that the development of web-based learning media (glideapps) to improve creative thinking skills, digital literacy, and scientific literacy in human digestive system material is appropriate and effective for use in the learning process. Keywords: Glideapps, creative thinking skills, digital literacy, scientific literacy, web-based media

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Aprilia
Date Deposited: 14 Mar 2023 03:08
Last Modified: 14 Mar 2023 03:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45928

Actions (login required)

View Item View Item