Asmaida, Asmaida and Mukminin, Amirul and Hidayat, Marzul (2023) Implementasi Asesmen Nasional oleh Guru di SMA Negeri 2 Tanjung Jabung Barat. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
Asmaida HALAMAN Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (27kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (329kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text
Full Tesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Asesmen Nasional yang disingkat AN adalah salah satu bentuk evaluasi sistem pendidikan oleh Kementerian pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah . Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana Implementasi Asesmen Nasional oleh Guru di SMA Negeri 2 Tanjung Jabung Barat. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus dan 4 orang guru yang menjadi informan Penentuan informan ditentukan peneliti dengan menggunakan metode data dipilih secara purposive dan bersifat snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara semi terstruktur dan metode dokumen. Analisis data dilakukan dengan empat tahapan yaitu (1) pengumpulan data (data collection); (2) reduksi data (data reduction); (3) paparan data (data display); dan (4) penarikan kesimpulan dan varifikasi (conclusin drawing verirying). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Guru sudah mengetahui dan setuju dengan adanya asesmen nasional. Hal ini terlihat dengan pengetahuan guru di SMA Negeri 2 Tanjung Jabung Barat mengenai asesmen nasional. Selanjutnya dilihat dari hasil wawancara guru terkait pandangan guru terhadap kebijakan assesmen nasional ini dilihat dari sudut pandang guru terkait alasan pemerintah menetapkan kebijakan asesmen nasional dalam hal ini memungkinkan guru untuk memainkan peran yang sangat penting dalam asesmen nasional. Sistem evaluasi asesmen nasional memiliki tujuan untuk menjelaskan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Kemudian pengetahuan guru di SMA Negeri 2 Tanjung Jabung Barat mengenai AKM, survei karakter dan survei lingkungan belajar bervariasi dari cukup hingga baik. Pelaksanaan asesmen nasional berjalan dengan baik dan lancar dan guru telah berupaya untuk mengimplementasikan hasilnya dalam KBM walaupun perlu ditingkatkan lagi. 2) Kendala dalam implementasi assesmen nasional di SMA N 2 Tanjung Jabung Barat adalah kurangnya motivasi siswa, kurangnya kemampuan siswa dan kurangnya sosialisasi dan diklat yang diikuti guru.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan dan evaluasi, Kebijakan Asesmen Nasional |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Asmaida |
Date Deposited: | 14 Mar 2023 04:58 |
Last Modified: | 14 Mar 2023 04:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45941 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |