PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KEARIFAN LOKAL VIDEO ANIMASI DI SEKOLAH DASAR

Mubarokah, Lailatul Badriatul (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KEARIFAN LOKAL VIDEO ANIMASI DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (339kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (299kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf - Published Version

Download (408kB)
[img] Text
halaman cover.pdf - Published Version

Download (25kB)
[img] Text
halaman persetujuan, halaman pengesahan.pdf - Published Version

Download (253kB)
[img] Text
Revisi skripsi lailatul badriatul mubarokah-dikompresi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: http:/repository.unja.ac.id

Abstract

Kata Kunci : bahan ajar, kearifan lokal, video animasi. Peneilian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui pengembangan bahan ajar kearifan lokal video animasi di kelas V Sekolah Dasar. (2) untuk mendeskripsikan tingkat validitas bahan ajar kearifan lokal video animasi di kelas V Sekolah Dasar. (3) untuk mendeskripsikan tingkat kepraktisan bahan ajar kearifan lokal video animasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Penelitian berupa pengembangan bahan ajar kearifan lokal video animasi pada tema V ekosistem hubungan antar makhluk hidup dalam ekosisten pembelajaran ke-2 di kelas V Sekolah Dasar. Model pengembanagn yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, and evaluate). Penelitian ini dilakukan di SDN 064/1 Muara Bulian. Data penelitian ini diperoleh dari validasi media, materi dan bahasa. Selain itu data juga diperoleh dari angket respon pendidik dan peserta didik untuk melihat kepraktisan dari bahan ajar kearifan lokal video animasi di Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji coba validasi dari penilaian ahli media tahap ke-1 memperoleh hasil presentase sebesar 81,81% dengan kategori “sangat valid”, kemudian pada penilaian ahli media tahap ke-2 memperoleh hasil presentase 100% dengan kategori Sangat Valid, selanjutnya pada penilaian ahli materi pada tahap ke-1 memperoleh presentase sebesar 64,3% dengan kategori “valid”,kemudian ahli materi tahap ke-2 mendapatkan presentase sebesar 78,57% dengan kategori “Sangat valid”, dan hasil penilaian ahli bahasa pada tahap ke-1 memperoleh presentase sebesar 67,85% dengan kategori “valid”, kemudian pada penilaian ahli bahasa tahap ke-2 memperoleh presentase sebesar 85,71% dengan kategori “Sangat valid”. Sedangkan hasil kepraktisan yang diperoleh dari angket peserta didik memperoleh presentase sebesar 83,3% dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar kearifan lokal video animasi di sekolah dasar secara keseluruhan dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, kearifan lokal, video animasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Mubarokah
Date Deposited: 16 Mar 2023 07:09
Last Modified: 16 Mar 2023 07:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45951

Actions (login required)

View Item View Item