Annissabrina, Imelsi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK STRIP DIGITAL UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN DIFERENSIASI DI KELAS IV SD. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI_Imelsi Annissabrina_A1D119145.pdf Download (11MB) |
![]() |
Text
Halaman Judul dan Sampul.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan pengesahan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I_Imel.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
BAB V_Imel.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (80kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menghasilkan media pembelajaran komik strip digital untuk mendukung pembelajaran diferensiasi di kelas IV SD, (2) Untuk mendeskripsikan kevalidan media pembelajaran komik strip digital untuk mendukung pembelajaran diferensiasi di kelas IV SD, dan (3) Untuk mendeskripsikan kepraktisan media pembelajaran komik strip digital untuk mendukung pembelajaran diferensiasi di kelas IV SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model Borg dan Gall disederhanakan menjadi 7 tahapan yakni (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Pengujian lapangan utama, (7) Revisi produk. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 34/I Teratai pada semester ganjil. Subjek penelitian adalah 9 orang peserta didik kelas IV SD Negeri 34/I Teratai untuk uji coba kelompok kecil. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli materi, angket bahasa, angket media, angket respons pendidik, angket respons peserta didik, observasi dan wawancara. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) Media pembelajaran komik strip digital untuk mendukung pembelajaran diferensiasi di kelas IV SD yang dilaksanakan melalui penyederhanaan tahapan model Borg dan Gall, (2) Hasil kevalidan media pembelajaran komik strip digital dilihat dari hasil validasi tim ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media dengan rata-rata persentase penilaian kevalidan sebesar 97,92% dengan kriteria “sangat valid”, (3) Hasil kepraktisan media pembelajaran komik strip digital dilihat dari hasil angket respons pendidik dan angket respons peserta didik, dengan rata-rata persentase penilaian kepraktisan sebesar 90,55% dengan kriteria “sangat praktis”. Kesimpulan, media pembelajaran komik strip digital untuk mendukung pembelajaran diferensiasi di kelas IV SD valid dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dasar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Komik Strip Digital, Pembelajaran Diferensiasi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | ANNISSABRINA |
Date Deposited: | 15 Mar 2023 04:34 |
Last Modified: | 15 Mar 2023 04:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45969 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |