Pengaruh Komunikasi Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Kota Jambi

Dharmawan, Dwi Djaya (2023) Pengaruh Komunikasi Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (101kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (141kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Berdasarkan latar belakang permasalahan yang terjadi di SMPN 4 Kota Jambi bahwa komunikasi orang tua dan anak tidak berjalan dengan baik dan berpengaruh terhadap motivasi belajar pada anak disekolah dan dibutuhkannya komunikasi orang tua agar dapat mendorong motivasi belajar pada anak. Oleh karena itu, peneliti ingin meneliti komunikasi orang tua terhadap motivasi belajar pada anak dan ingin mengetahui seberapa besar tingkat pengaruh komunikasi orang tua terhadap motivasi belajar pada anak. Penelitian ini peneliti menggunakan kuantitatif, menggunakan pendekatan expost-facto. yang menjadi anggota populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022 di SMP Negeri 4 Kota Jambi. Jumlah anggota populasi adalah 257 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah simple random sampling. Hasil daripenelitian ini yakni, Perolehan persentase untuk variabel komunikasi orang tua memperoleh persentase sebesar 80,051%. Yang diartikan bahwa kualitas komunikasi orang tua terhadap siswa di SMP Negeri 4 Kota Jambi berada pada kriteria “Tinggi”.Perolehan persentase untuk variable motivasi belajar memperoleh persenta sesebesar 81,75%. Yang diartikan bahwa kualitas motivasi belajar siswa di SMP Negeri 4 Kota Jambi berada pada kriteria “Tinggi”. Kata Kunci : Intensitaskomunikasi, Orang tua, MotivasiBelajar Based on the background of the problems that occurred at SMPN 4 Jambi City that communication between parents and children does not go well and affects motivation learning in children at school and the need for parental communication in order to encourage motivation to learn in children. Therefore, researchers want to examine parental communication on motivation to learn in children and want to know how big the level of influence parental communication on children's motivation to learn. In this study, researchers used quantitative, using an ex post-facto approach. who became members of the population in this study were all students enrolled in academic year 2021/2022 at SMP Negeri 4 Jambi City. The number of members of the population is 257 person. The sampling technique in this study was simple random sampling. The results of this study are the percentage gain for the parental communication variable obtained a percentage of 80.051%. Which means that the quality of parental communication to students at SMP Negeri 4 Jambi City are in the "High" criteria. Percentage gain for the variable learning motivation to obtain a percentage of 81.75%. Which means that the quality of student learning motivation at SMP Negeri 4 Jambi City is in the "High" criterion. Keywords: Communication Intensity, Parents, Learning Motivation

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Intensitas komunikasi, Orang tua, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: DHARMAWAN
Date Deposited: 16 Mar 2023 03:12
Last Modified: 16 Mar 2023 03:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45979

Actions (login required)

View Item View Item