Meningkatkan Aktivitas bertanya Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Putri, Rahmi Aprisa (2018) Meningkatkan Aktivitas bertanya Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Meningkatkan Aktivitas bertanya Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (485kB)

Abstract

ABSTRAK Putri, Rahmi Aprisa. 2018. Meningkatkan Aktivitas bertanya Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Maryono, M.Pd., (II) Ahmad Hariandi, S.Pd.I, M.Ag., Kata Kunci: Aktivitas Bertanya, Card Sort Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas bertanya siswa kelas IV Sekolah Dasar menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Card Sort yang diterapkan pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 14/I Sungai Baung pada Maret sampai April 2018. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi siswa dan guru menggunakan lembar observasi dan dari dokumentasi. Dokumentasi dilakukan dengan merekam video atau foto yang digunakan sebagai tempat kajian ulang untuk mengumpulkan data kualitatif maupun kuantitaif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas bertanya siswa rendah hal itu dapat dilihat dari indicator aktivitas bertanya yaitu, konten (isi pertanyaan) yang diajukan siswa, suara siswa, pengungkapan verbal atau redaksi kalimat, kategori pertanyaan (tingkatan pertanyaan) dan sikap yang ditunjukkan siswa saat bertanya. Renddahnya aktivitas bertanya siswa mencapai 24%. Factor penyebabnya ialah siswa bingung pertanyaan seperti apa yang seharusnya ia ajukan. Seringkali mereka bertanya tentang hal-hal yang justru mereka telah ketahui. Factor lain yaitu berasal dari metode yang digunakan selama proses belajar-mengajar. SD Negeri 14/I Sungai Baung seringkali menggunakan metode ceramah hal itu dapat dilihat pada RPP yang dimiliki oleh guru. Kurangnya metode yang dapat membuat siswa lebih aktif dalam bertanya memang sangat berpengaruh terhadap aktivitas bertanya siswa di dalam kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas bertanya siswa menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Card Sort pada siswa kelas IV A SD Negeri 14/I Sungai Baung dari yang semula berada pada kategori rendah kemudian berhasil mencapai kategori sangat tinggi yaitu dari 24% pada saat prasiklus menjadi 78% pada siklus II. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru maupun calon guru lebih memperhatikan metode yang tepat untuk digunakan saat proses belajar-mengajar.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RAHMI APRISA PUTRI
Date Deposited: 28 Jun 2018 01:02
Last Modified: 28 Jun 2018 01:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4600

Actions (login required)

View Item View Item