Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Model Think Pair Share (TPS) Pada Pembelajaran IPS Kelas VB Sd Negeri 14/1 Sungai Baung

Mizanah, Hikmatul (2018) Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Model Think Pair Share (TPS) Pada Pembelajaran IPS Kelas VB Sd Negeri 14/1 Sungai Baung. Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Model Think Pair Share (TPS) Pada Pembelajaran IPS Kelas VB Sd Negeri 14/1 Sungai Baung.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH .pdf

Download (408kB)

Abstract

ABSTRAK Mizanah, Hikmatul. 2018. Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Model Think Pair Share (TPS) Pada Pembelajaran IPS Kelas VB Sd Negeri 14/1 Sungai Baung : Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D (II) Irma Zurika Hardesi, S.pd., M.Pd. Kata Kunci: Percaya Diri, model pembelajaran Think Pair Share (TPS), IPS Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri siswa di SD Negeri 14/1 Sungai baung. Mengacu kepada percaya diri siswa yang masih rendah maka perlu adanya proses pembelajaran yang dapat meningkatkan percaya diri siswa. salah satunya dengan menggunakan model Think Pair Share (TPS) pada proses pembelajaran. sehingga siswa merasa termotivasi untuk lebih percaya diri dengan penggunaan model Think Pair Share (TPS). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari III sikus dimana data didapatkan dari lembar observasi siswa dan kegiatan guru dengan menggunakan model Think Pair Share (TPS) serta dengan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri siswa melalui model Think Pair Share (TPS) pada pembelajaran IPS kelas VB di SDNegeri 14/1 Sungai Baung. Hasil penelitian pada siklus I rata-rata pada pertemuan I sebesar 44% meningkat pada pertemuan II menjadi 51%. Pada siklus II rata-rata pada pertemuan I sebesar 57% meningkat menjadi 68% pada pertemuan II. Terakhir siklus III rata-rata pada pertemuan I sebesar 79% meningkat pada pertemuan II menjadi 81%. Pada siklus III telah mencapai criteria keberhasilan yang telah ditentukan oleh peneliti. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini yaitu melalui model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan percaya diri siswa melalui III siklus untuk mencapai hasil yang lebih maksimal dengan kategori sangat tinggi. Hasil akhir pada siklus III yaitu 81%.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: HIKMATUL MIZANAH
Date Deposited: 28 Jun 2018 01:02
Last Modified: 28 Jun 2018 01:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4602

Actions (login required)

View Item View Item