Rizki Ananda, Ananda (2023) Analisis Strategi guru PPKn dalam menanamkan nilai karakter integritas siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Muaro Jambi. S1 thesis, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
cover.pdf Download (198kB) |
|
Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (283kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (409kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (211kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (420kB) |
Abstract
ABSTRAK Ananda, Dita, Rizki. 2023. Analisis strategi guru PPKn dalam menanamkan nilai karakter integritas siswa kelas 8 SMP Negeri 11 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP Uniersitas Jambi, Pembimbing : (1) Drs. Irwan, M.Pd, (II) Tohap Pandapotan Simaremare, M.Pd. Kata Kunci : Analisis, Strategi Guru PPKn, menanamkan nilai karakter integritas Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi guru PPKn dalam menanamkan nilai karakter integritas siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Muaro Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 11 Muaro Jambi desa Mudung darat. Data diperoleh melalui hasil wawancara dan dokkumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mennggunakan tehnik Miles dan Huberman yang membagi empat langkah tehnik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini peneliti bermula dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan penelitian dan yang terakhir tahap analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam menanamkan nilai karakter integritas sudah ditanamkan oleh guru, akan tetapi hal ini belum secara optimal dilakukan, hal tersebut dapat dillihat dari 5 Strategi yang dilakukan oleh guru 1). Pembiasaan, siswa masih ada yang tidak mengikuti pembiasaan, dibuktikan dengan masih terdapat siswa yang jarang mengucapkan salam ketika masuk kelas dan lupa berdoa, siswa masih ada yang terlambat datang ke sekolah, siswa buang sampah sembarangan, siswa tidak mengumpulkan tugas tepat waktu,siswa masih tidak piket kelas,siswa masih mencoret buku LKS, siswa masih tidak taat dalam izin perizinan, siswa masih tidak konsisiten dalam berpakaian rapih, 2). Keteladanan, guru masih ada memberi teladan yang tidak baik terhadap siswa hal ini dibuktikan dengan guru lupa mengucapkan salam, dan berdoa ketika memasuki kelas, guru masih terlambat datang ke ke kelas dan sekolah, guru masih tidak rapih dalam berpakaian, guru izin keluar sebentar kenyataannya lama, guru tidak menepati janji untuk ulangan,guru tidak menepati janji untuk belajar diluar, guru mengabaikan tugas yang telah diberikannya kepada siswa saat ia keluar jam pelajaran 3). Memberikan penanaman nilai berupa reward dan punishment hal ini dibuktikan dengan guru jarang memberikan reward berupa pujian, tepuk tangan, nilai tinggi kepada siswa yang taat akan peraturan dan guru jarang memberikan punishment atau hukuman kepada siswa yang tidak taat akan peraturan 4). pengkondisian kelas yaitu dibuktikan dengan masih ada didinding kelas siswa yang tidak menempelkan poster atau gambar mengenai 8 indikator. 5). Pengintegrasian kedalam mata pelajaran dan RPP. Berdasarkan hasil penelitian yang disarankan pihak sekolah dan guru harus lebih menekankan strategi tersebut sehingga akan lebih optimal kedepannya, dan juga harus memberikan inovasi dalam penanaman strategi agar siswa temotivsasi dalam melakukannya dan segera melakukan evaluasi lebih lanjut dalam hal ini agar dapat mengetahui apakah strategi guru tersebut sudah baik dan maksimal,
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | Ananda |
Date Deposited: | 15 Mar 2023 08:27 |
Last Modified: | 15 Mar 2023 08:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46028 |
Actions (login required)
View Item |