RIZKI, NARA PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONNECTING ORGANIZING REFLECTING DAN EXTENDING (CORE) BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI KINGDOM MONERA DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 4 KOTA JAMBI. PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONNECTING ORGANIZING REFLECTING DAN EXTENDING (CORE) BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI KINGDOM MONERA DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 4 KOTA JAMBI. (Submitted)
![]() |
Text
Artikel Selen.pdf Download (587kB) |
Abstract
ABSTRAK Nara, Rizki. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Connecting Organizing Reflecting dan Extending (CORE) Berbasis Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Materi Kingdm Monera di Kelas X MIPA SMA Negeri 4 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Dra. Hj. Asni Johari, M.Si (II) Dr. Evita Anggereini, M.Si Kata Kunci : model pembelajaran, model pembelajaran kooperatif, kooperatif tipe connecting organizing reflecting dan extending (core), hasil belajar. Rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA SMA Negeri 4 Kota Jambi pada materi kingdom monera dikarenakan adanya siswa yang beranggapan bahwa materi kingdom monera itu susah dan membosankan. Hal ini diketahui berdasarkan hasil observasi pendahuluan yang dilaksanakan oleh peneliti. Oleh karena hal tersebut, guru sebagai tenaga pendidik diharapkan mampu untuk menggunakan berbagai model pembelajaran yang aktif baik secara fisik maupun mental. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Connecting Organizing Reflecting dan Extending (CORE) Berbasis Saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Connecting Organizing Reflecting dan Extending (CORE) Berbasis Saintifik terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi kingdom monera pada ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor siswa kelas X MIPA SMA Negeri 4 Kota Jambi. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 4 Kota Jambi, Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Sampel yang digunakan terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Pemberian perlakuan dilakukan pada kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Connecting Organizing Reflecting dan Extending (CORE) berbasis saintifik, sedangkan pada kelas kontrol menerapkan model pembelajaran konvensional. Pengambilan data untuk aspek kognitif menggunakan instrumen berupa tes, aspek afektif menggunakan angket dan aspek psikomotor menggunakan lembar observasi serta telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil tes yang telah didapat kemudian dianalisis. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji-t. Adapun thitung hasil belajar kognitif adalah 2,67 dan ttabel diperoleh 1,67. Untuk aspek afektif diperoleh thitung adalah 1,93 dan ttabel adalah 1,67. Untuk aspek psikomotor diperoleh thitung adalah 1,70 dan ttabel adalah 1,67. Dari analisis uji hipotesis yang telah dilakukan terhadap ketiga data hasil belajar dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Connecting Organizing Reflecting dan Extending (CORE) Berbasis Saintifik terhadap hasil belajar biologi siswa pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | RIZKI NARA |
Date Deposited: | 28 Jun 2018 02:57 |
Last Modified: | 28 Jun 2018 02:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4604 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |