Nurkhotimah, Ririn (2023) Pengembangan E-Modul menggunakan Canva Apps pada Pembelajaran IPA MAteri Benda-Benda di Sekitar Kita di Kelas V Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI RIRIN NURKHOTIMAH FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
![]() |
Text
COVER RIRIN.pdf Download (940kB) |
![]() |
Text
BAB I (4).pdf Download (123kB) |
![]() |
Text
BAB II (1).pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
BAB III (2).pdf Download (357kB) |
![]() |
Text
BAB IV (2).pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V (3).pdf Download (72kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN (2).pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan e-modul menggunakan canva apps pada pembelajaran IPA materi benda-benda di sekitar kita di kelas V sekolah dasar; (2)mendeskripsikan tingkat kevalidan e-modul menggunakan canva apps berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan ahli praktisi; serta (3)mendeskripsikan tingkat kepraktisan e-modul yang dikembangkan. Metode penelitian ini adalah Research and Develoment (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Data pada penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa angket validator dan peserta didik, sedangkan data kualitatif berupa wawancara kepada guru dan peserta didik serta saran perbaikan yang diberikan validator terhadap e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 182/I Hutan Lindung. Data penelitian diperoleh melalui angket validasi oleh validator, angket praktisi, angket respon peserta didik serta wawancara terhadap guru dan peserta didik. Setelah itu, data dianalisis untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan dari e-modul yang dikembangkan. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa e-modul menggunakan canva apps pada pembelajaran IPA materi benda-benda di sekitar kita di kelas V sekolah dasar dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 4,9 dengan kategori sangat valid, hasil validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 4,8 dengan kategori sangat valid, hasil validasi ahli bahasa memperoleh skor 5 dengan kategori sangat valid, hasil angket respon guru (praktisi) memperoleh skor rata-rata 5 dengan kategori sangat praktis, dan hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata-rata 4,7 dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan e-modul menggunakan canva apps pada pembelajaran IPA materi benda-benda di sekitar kita di kelas V sekolah dasar dengan menggunakan model ADDIE dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, E-Modul, Canva Apps |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Nurkhotimah |
Date Deposited: | 15 Mar 2023 08:04 |
Last Modified: | 15 Mar 2023 08:04 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46065 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |