PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKN SMP NEGERI 32 BATANGHARI.

YULIANA, YULIANA PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKN SMP NEGERI 32 BATANGHARI. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKN SMP NEGERI 32 BATANGHARI.. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (495kB)

Abstract

ABSTRAK Yuliana. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP Negeri 32 Batanghari. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. M. Salam, M.Si (II) Dona Sariani, M.Pd Kata Kunci: Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual, Hasil Belajar Siswa. Berdasarkan wawancara yang dilakukan penulis ketika observasi (Senin, 10 Oktober 2017) di SMP Negeri 32 Batanghari ini, diperoleh keterangan bahwa guru masih mendapatkan kendala dalam mengajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Kendala tersebut antara lain adalah kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, banyaknya siswa yang hanya diam saat mengikuti kegiatan belajar mengajar, siswa cepat lupa dengan materi yang telah diajarkan, seringnya pembelajaran Pendidikan dan kewarganegaraan dianggap oleh siswa sebagai mata pelajaran yang membosankan untuk di pelajari. Selain itu, kesulitan dalam memilih media pembelajaran untuk penyampaian materi juga merupakan masalah yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 32 Batanghari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan terhadap dua kelas sampel yang diberikan perlakuan berbeda. Untuk melihat pengaruh antara kedua kelas sampel di gunakan uji hipotesis dengan uji-t, dimana untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh perlakuan terhadap kelas eksperimen dengan kelas kontrol atau tidak. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A dan kelas VIII B SMP Negeri 32 Batanghari Tahun ajaran 2017/2018 dan berjumlah 66 siswa. Berdasarkan hasil terhadap sampel, untuk pengujian normalitas pada taraf signifikan α = 0,05, dapat dilihat bahwa Lhitung < Ltabel , maka dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas kelas eksperimen Fhitung < Ftabel, yaitu 1,16 < 3,32, dan uji homogenitas kelas kontrol Fhitung < Ftabel, yaitu 1,008 < 3,32 maka dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki variansi yang homogen. Uji hipotesis kelas eksperimen didapat thitung > ttabel yaitu 2,0760> 1,6955, sementara pengujian hipotesis kelas kontrol didapat T hitung > T tabel yaitu 3,6129 > 1,6955 . Data tersebut menunjukan perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 32 Batanghari.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: YULIANA
Date Deposited: 29 Jun 2018 01:36
Last Modified: 29 Jun 2018 01:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4607

Actions (login required)

View Item View Item