ANGGRENI LUBIS, NISA PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA NEGERI 5 KOTA JAMBI. PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA NEGERI 5 KOTA JAMBI. (Submitted)
Text
ARTIKEL.pdf Download (627kB) |
Abstract
ABSTRAK Lubis, Nisa Anggreni. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbasis Saintifik terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Keanekaragamana Hayati Di SMA Negeri 5 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Dra. Hj. Asni Johari, M.Si., (II) Dr. Afreni Hamidah, S.Pt., M.Si. Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif, model pembelajaran TPS (Think Pair Share), hasil belajar. Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 5 Kota Jambi pada materi Keanekaragaman Hayati, dikarenakan siswa menganggap bahwa belajar biologi sulit dipahami. Oleh karena itu pendidik harus menggunakan model pembelajaran yang tepat agar siswa aktif baik secara fisik maupun mental. Model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Berbasis Saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif TPS Berbasis Saintifik terhadap hasil belajar biologi siswa, tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan Quasi Eksperimen. Sampel yang digunakan terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Perlakuan pada kelas eksperimen dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Berbasis Saintifik, sedangkan pada kelas kontrol menerapkan model sesuai pembelajaran yang ada di SMA Negeri 5 Kota Jambi . Instrumen yang digunakan tes berupa pilihan ganda, angket dan lembar observasi disesuaikan dengan tiga aspek dari hasil belajar yaitu aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik serta telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil tes yang telah diperoleh kemudian dianalisis. Uji hipotesis akan dilakukan menggunakan uji-t. Adapun thitung hasil belajar kognitif pre-test adalah 0,81 dan ttabel diperoleh 1,667, sedangkan thitung hasil belajar kognitif post-test adalah 1,78 dan ttabel diperoleh 1,667. Untuk aspek afektif diperoleh thitung adalah 2,319 dan ttabel adalah 1,667. Untuk aspek psikomotor diperoleh thitung adalah 1,911 dan ttabel adalah 1,667. Dari analisis uji hipotesis yang telah dilakukan terhadap data ketiga hasil belajar dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Berbasis Saintifik terhadap hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor dengan hasil analisis uji hipotesis tolak Ho.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | NISA ANGGRENI LUBIS |
Date Deposited: | 29 Jun 2018 01:36 |
Last Modified: | 29 Jun 2018 01:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4608 |
Actions (login required)
View Item |