DESMAWATI, DESMAWATI MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN MELALUI METODE OUTDOOR STUDY DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. JURNAL MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN MELALUI METODE OUTDOOR STUDY DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR.
Text
jurnal Desma.pdf Download (642kB) |
Abstract
MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN MELALUI METODE OUTDOOR STUDY DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR Oleh: Desmawati (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi) ABSTRAK Desmawati. 2018. “Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Melalui Metode Outdoor Study Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Kelas IV SD IQRA Muara Bulian”. Pembimbing (I) Dra.Hj.Destrinelli, M.Pd (II) Irma Zurika Hardesi, M.Pd Kata kunci: Sikap Peduli Lingkungan, Metode Outdoor Study Hasil pengamatan saat peneliti melaksanakan PPL selama 2 bulan di SD Iqra Muara Bulian terlihat adanya kesenjangan akan kepedulian siswa terhadap lingkungannya kususnya pada kelas IV yang berjumlah 23 orang. Memperhatian sikap kepedulian siswa terhadap lingkungan selama peneliti melaksanakan PPL di SD Iqra, kepedulian siswa terhadap lingkungan masih rendah. Kenyataan tersebut ditandai dengan siswa tidak membuang sampah pada tempatnya dan enggan membuang sampah yang ada di sekitarnya baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Berdasarkan data yang diperoleh pada kelas 4 yang berjumlah 23 orang. 50% siswa di dalam kelas yang mau membersihkan sampah yang ada disekitarnya. Siswa senang membuang sampah di kolongan meja tidak peduli teman-teman membuang sampah dimana saja. Tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan melalui metode outdoor study dalam pelaksanaan pembelajaran kelas IV di SD IQRA Muara Bulian. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Penelitian ini akan dilaksanakan dalam beberapa siklus, yang daur siklusnya akan dihentikan apabila kondisi kelas sudah mampu meningkatkan sikap peduli lingkungan siswa telah terbiasa dengan penggunaan metode outdoor study. Berdasarkan hasil siklus 1 selama proses pembelajaran berlangsung, pada siklus I pertemuan 1 setelah diberikan tindakan dengan menggunakan metode outdoor study, hanya sebanyak 43% saja jumlah pada kategori Baik, pada siklus I pertemuan 2 setelah diberikan tindakan dengan menggunakan metode outdoor study, hanya sebanyak 57% saja jumlah pada kategori Baik Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa masih belum sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah direncanakan yaitu 70%. pada siklus II pertemuan 1 setelah diberikan tindakan dengan menggunakan metode outdoor study, hanya sebanyak 43% saja jumlah pada kategori Baik, pada siklus II pertemuan 2 setelah diberikan tindakan dengan menggunakan metode outdoor study, hanya sebanyak 57% saja jumlah pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hasil siklus II sudah sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah direncanakan yaitu 70%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode outdoor study dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan dalam pelaksanaan pembelajaran kelas IV SD IQRA Muara Bulian.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DESMAWATI |
Date Deposited: | 29 Jun 2018 01:36 |
Last Modified: | 29 Jun 2018 01:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4610 |
Actions (login required)
View Item |