Loveria Agatha, Falentina and Susanti, Nova and Lestari, Neneng (2023) Studi Kasus: Mendeskripsikan Keefektifan Pembelajaran Menggunakan Lesson Study Dengan STEM Di SMA Negeri 7 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
lembar.pdf Download (365kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
done.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (396kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (294kB) |
![]() |
Text
DAFTAR.pdf Download (309kB) |
Abstract
ABSTRAK Agatha, Falentina Loveria. 2022. Studi Kasus: Mendeskripsikan Keefektifan Pembelajaran Menggunakan Lesson Study Dengan STEM Di SMA Negeri 7 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Nova Susanti, S.Pd., M.Si., (II) Neneng Lestari, S.Pd., M.Pd Kata kunci: lesson study, STEM, pembelajaran, keefektifan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pada saat melakukan pembelajaran berbasis lesson study yang dikolaborasikan dengan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) di kelas XI Fase F3 di SMA Negeri 7 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di kelas XI Fase F3 di SMA Negeri 7 Kota Jambi pada 16 Agustus 2022 – 02 November 2022. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar observasi yang diisi oleh para observer, dokumentasi selama kegiatan penelitian, dan wawancara dengan guru mata pelajaran fisika SMA Negeri 7 Kota Jambi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif deskriptif, dengan membandingkan hasil yang didapat dari setiap metode yang digunakan untuk kemudian ditarik kesimpulannya. Berdasarkan hasil penelitian ini lesson study yang dikolaborasikan dengan pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dapat digunakan untuk mendeskripsikan suatu keefektifan pembelajaran, dimana respon siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung sangat baik. Hal in ditunjukkan dengan terdapat interaksi yang positif selama pembelajaran antara siswa dengan siswa, maupun siswa dengan guru model. Selain itu siswa lebih memahami konsep pembelajaran yang diterangkan oleh guru model, hal ini ditunjukkan dari pemahaman siswa pada saat mengerjakan tugas yang diberikan, sehingga pembelajaran dapat berpusat pada siswa (student centered learning). Hal lain yang menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaranini berlangsung secara efektif adalah adanya peningkatan pembelajaran menjadi lebih baik lagi pada saat pertemuan selanjutnya. ABSTRACT Agatha, Falentina Loveria. 2022. Case Study: Describing Learning Effectiveness Using Lesson Study with STEM at SMA Negeri 7 Jambi City: Thesis, Department of Mathematics and Natural Science Education, FKIP University Jambi, Supervisor: (I) Dr. Nova Susanti, S.Pd., M.Sc., (II) Neneng Lestari, S.Pd., M.Pd Keywords: lesson study, STEM, learning, effectiveness This study aims to describe the effectiveness when doing lesson study-based learning in collaboration with STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) in class XI Phase F3 at SMA Negeri 7 Kota Jambi. This research was conducted in class XI Phase F3 at SMA Negeri 7 Jambi City on August 16 2022 – November 2, 2022. Research data was obtained using observation sheets filled out by observers, documentation during research activities, and interviews with a physics subject teacher at SMA Negeri 7 Jambi City. The data obtained later analyzed qualitatively descriptive, by comparing the results obtained from each the method used to then draw conclusions. Based on the results of this study, lesson study is collaborated with learning STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) can be used for describes a learning effectiveness, where the student's response during the activity learning is going very well. This is indicated by the presence of interactions positive during learning between students and students, as well as students and teacher models. In addition, students better understand the learning concepts explained by the model teacher, this is shown from the understanding of students when doing the assignments given, so that learning can be student-centered (student centered learning). Another thing that shows that this learning activity takes place effectively is the existence learning improvement will be even better at the next meeting.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Depositing User: | Agatha |
Date Deposited: | 16 Mar 2023 03:14 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 03:14 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46110 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |