Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Berbantuan LKPD Di Kelas IV SD N 10/II Muara Buat Kecamatan Bathin III Ulu Kabupaten Bungo

Qodriati, Ana and Nugraha, Ugi and Sofwan, Muhamad (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Berbantuan LKPD Di Kelas IV SD N 10/II Muara Buat Kecamatan Bathin III Ulu Kabupaten Bungo. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
TESIS ANA QPDRIATI P21621002.pdf

Download (2MB)
[img] Text
COVER TESSIS.docx

Download (34kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (224kB)

Abstract

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Berbantuan LKPD Di Kelas IV SD N 10/II Muara Buat Kecamatan Bathin III Ulu Kabupaten Bungo Ana Qodriati NPM. P2A621002 Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Berbantuan LKPD. Penelitian ini menggunakan Model Discovery Learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 10 / II Muara Buat semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari 23 siswa. Pada pelaksanaan proses pembelajaran digunakan langkah langkah model Discovery Learning yaitu, pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengolahan data, pembuktian dan menarik kesimpulan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas ( PTK ) menurut Arikunto (2008:74) terdapat empat tahapan yang lazim dilalui yaitu pertama perencanaan, kedua pelaksanaan, ketiga pengamatan dan keempat refleksi. Pada saat obsservasi terhadap pembelajaran matematika belum menggunkan model yang tepat untuk siswa. Dari data atau nilai pra siklus yang didapat 35% atau 7 siswa sudah mencapai KKM. 65 % atau 16 siswa masih belum mencapai KKM. Penelitian berlangsung selama 2 siklus dimana setiap siklus 2 kali pertemuan. Setelah diadakan tindakan siklus I hasil belajar siswa meningkat 52 % yang mengalami peningkatan berjumlah 12 siswa dan 48 % atau 11 siswa belum mencapai KKM. Pada tindakan siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 87 % atau 20 siswa yang mencapai KKM dan 13 % atau 3 siswa yang belum mencapai KKM. Kata kunci : Hasil Belajar Matematika, Model Discovery Learning.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Ana qodriati
Date Deposited: 17 Mar 2023 07:07
Last Modified: 17 Mar 2023 07:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46176

Actions (login required)

View Item View Item