SAFITRI, TETI PENINGKATAN PEMBELAJARAN SENAM LANTAI ROLL DEPAN MELALUI VARIASI PERMAINAN PADA SISWA KELAS VIIIA DI SMP NEGERI 17 KOTA JAMBI. JURNAL PENINGKATAN PEMBELAJARAN SENAM LANTAI ROLL DEPAN MELALUI VARIASI PERMAINAN PADA SISWA KELAS VIIIA DI SMP NEGERI 17 KOTA JAMBI..
![]() |
Text
K1A1317023-ARTIKEL.pdf Download (270kB) |
Abstract
ABSTRAK Teti Safitri ,2018,”Peningkatan Pembelajaran Senam Lantai Roll ke Depan Melalui Variasi Pada Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 17 .Pembimbing I Dr.Palmiral, A, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Abhe Saputra, S.pd, M.Pd Kata kunci : guling depan, pendekatan permainan Latar belakang penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran senam lantai roll ke depan melalui permainan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kecamatan Telanai Pura Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 17 Kecamatan Telanai Pura Kota Jambi tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 26 anak, terdiri atas siswa putra sebanyak 12 anak dan siswa putri sebanyak 14 anak. Instrumen yang digunakan yaitu tes unjuk kerja guling depan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil pembelajaran senam lantai guling depan melalui pendekatan permainan ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata siswa. Nilai rata-rata siswa pada kondisi awal sebesar 70,46 dengan persentase ketuntasan sebesar 38,46%. Kondisi tersebut mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu sebesar 73,08 dan persentase ketuntasan sebesar 57,69%. Namun, peningkatan tersebut masih belum mencapai target yang ditetapkan sebelumnya. Kemudian setelah melanjutkan ke siklus II nilai rata-rata kemampuan senam guling depan siswa kembali mengalami peningkatan sebesar 82,82 dengan persentase ketuntasan sebesar 80,77%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa target yang telah ditetapkan sebelumnya sudah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus II. Proses pembelajaran senam lantai guling depan melalui pendekatan permainan berlangsung dinamis dan menyenangkan dan hasil pengamatan terhadap guru saat pembelajaran juga meningkat di setiap pertemuan. Kemampuan guling depan peserta didik meningkat dengan ditandai dengan peserta didik tuntas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 75.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | TETI SAFITRI |
Date Deposited: | 02 Jul 2018 03:56 |
Last Modified: | 02 Jul 2018 03:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4618 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |