KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK TUNAGRAHITA STUDI KASUS DI SLBN 1 KOTA JAMBI

Yunita, Henny and Nazurty, Nazurty and Sukendro, Sukendro (2023) KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK TUNAGRAHITA STUDI KASUS DI SLBN 1 KOTA JAMBI. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER TESIS-HENNY.pdf

Download (63kB)
[img] Text
ABSTRAK-HENNY.pdf

Download (35kB)
[img] Text
BAB 1-HENNY-TESIS.pdf

Download (58kB)
[img] Text
BAB 5-HENNY-TESIS.pdf

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-HENNY.pdf

Download (163kB)
[img] Text
full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (263kB)

Abstract

ABSTRAK Yunita, Henny. 2023. Kemampuan Menulis Permulaan Pada Anak Tunagrahita Studi Kasus Di SLBN 1 Kota Jambi. Tesis, Magister Pendidikan Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing (1) Prof. Dr. Nazurty, M.Pd, Pembimbing (II) Prof. Dr. Sukendro, M.Kes AIFO. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis permulaan pada anak tunagrahita. Kedua mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang menjadi hambatan dan kesulitan dalam menulis permulaan pada anak tunagrahita. Ketiga mendeskripsikan solusi yang diambil guru dalam menulis permulaan pada anak tunagrahita. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini tergolong jenis penelitian studi kasus. Data dalam penelitian ini adalah hasil siswa dalam menulis permulaan. Sumber data dalam penelitian ini ialah anak berkebutuhan khusus anak tunagrahita. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dan wawancara, serta teknik analisis data dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis anak sudah pada tahap menebalkan garis, menebalkan huruf dan menebalkan angka. Untuk tahap menyalin belum mampu, masih harus dengan bimbingan guru. Proses menulis permulaan anak pada tingkat kemampuan menebalkan. Namun terjadi keunikan yang peneliti temukan anak menulis huruf dimulai dari bawah. Seperti menulis huruf kapital /A/, /B/, /C/, /D/, /E/, /F/, /G/, /H/, /K/, /L/, /M/, /N/, /O/, /Q/, /R/, /T/, /X/. Begitupun dalam menulis huruf kecil dimulai dari bawah baru dilanjutkan ke atas. Hal ini terjadi pada huruf /a/, /b/, /c/, /e/, /f/, /k/, /o/, /r/. Selanjutnya menebalkan permulaan pada angka 1-10. Dimana siswa menulis dari bawah ke atas. Dan kadang iya menulis garis horizontal, lanjut garis vertikal. Contoh menebalkan angka /3/, /4/, /5/, /6/, /8/, /10/. Anak menebalkan dari atas-bawah, dan dari kiri-kanan. Sedangkan faktor yang menjadi hambatan dan kesulitan dalam menulis permulaan pada anak tunagrahita adalah Pertama faktor kemampuan motorik halus anak, kedua faktor kemampuan visual memori anak, ketiga faktor motivasi, keempat faktor guru, dan kelima faktor keluarga. Dari hambatan diatas pasti terdapat beberapa solusi yang dilakukan. Solusinya pertama, solusi kemampuan motorik halus anak, kedua solusi kemampuan visual memori anak, ketiga solusi motivasi, keempat solusi guru, dan kelima solusi keluarga.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: HENNY YUNITA
Date Deposited: 20 Mar 2023 03:47
Last Modified: 20 Mar 2023 03:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46225

Actions (login required)

View Item View Item