FARENDA, MAS FITRA PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK LITERASI PEMBELAJARAN SAINS DI SEKOLAH DASAR. JURNAL PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK LITERASI PEMBELAJARAN SAINS DI SEKOLAH DASAR.
Text
Mas Fitra Farenda_A1D114040_Artikel -.pdf Download (335kB) |
Abstract
ABSTRAK Farenda, MF. 2018. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Literasi Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing I Dra. Hj. Destrinelli, M.Pd, Pembimbing II Panut Setiono, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Buku cerita bergambar, literasi pembelajaran sains Karakteristik peserta didik pada usia 7 – 11 tahun tergolong kedalam tahap operasional konkret. Pada usia yang masih tergolong anak-anak ini, mereka lebih menyukai sumber belajar yang menarik perhatian dan minat belajar peserta didik. Buku cerita bergambar sangatlah diminati semua peserta didik di tingkat sekolah dasar. Untuk itu buku cerita bergambar dapat dimanfaatkan untuk dikembangkan sebagai sumber pendukung pada saat literasi pembelajaran sains di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sumber belajar yang valid dan praktis untuk literasi pembelajaran sains di sekolah dasar pada kelas VI. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis (Analisis), Design (Perencanaan), Development (Pengembangan), Implementations (Uji coba) dan Evaluation (Evaluasi) dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV SDN 46/X Rantau Jaya Kec. Rantau Rasau Kab. Tanjung Jabung. Kevalidan sumber belajar diperoleh melalui validasi pembelajaran dan validasi bahasa. Sedangkan kepraktisan sumber belajar diperoleh dari angket respon guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan oleh validator materi yaitu memperoleh rerata 4.8 dengan kategori sangat valid dan validator bahasa yaitu 4.4 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan buku cerita bergambar dari respon guru diperoleh nilai 4.75 dengan kategori sangat valid, respon peserta didik dengan persentase 4,6 dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan, dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku cerita bergambar untuk literasi pembelajaran sains di sekolah dasar termasuk dalam kategori sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Dengan demikian buku cerita bergambar sudah bisa untuk diuji cobakan ke kelas IV sekolah dasar.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MAS FITRA FARENDA |
Date Deposited: | 02 Jul 2018 03:56 |
Last Modified: | 02 Jul 2018 03:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4623 |
Actions (login required)
View Item |