MARINTAN, LENA and Nazurty, Nazurty and Sukendro, Sukendro (2023) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS AUTIS DI SLB NEGERI 1 KOTA JAMBI. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
TESIS LENA MARINTAN SIRAIT.pdf Download (820kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (197kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN .pdf Download (221kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (205kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (187kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (296kB) |
Abstract
ABSTRAK Sirait, Marintan, lena. 2023. “Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Autis Di SLB Negeri 1 Kota Jambi”. Tesis, Magister Pendidikan Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing (1) Prof. Dr. Nazurty, M.Pd, Pembimbing (II) Prof. Dr. Sukendro, M.Kes AIFO. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar anak berkebutuhan khusus autis di SLB Negeri 1 Kota Jambi. Kedua mendeskripsikan kendala apa saja yang menjadi hambatan dalam meningkatkan hasil belajar anak berkebutuhan khusus autis di SLB Negeri 1 Kota Jambi. Ketiga, mendeskripsikan solusi dalam menghadapi hambatan pada proses penggunaan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar anak berkebutuhan khusus autis di SLB Negeri 1 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini tergolong jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar harus memperhatikan beberapa aspek mulai dari tahap perencanaan, tahap kedua pemilihan media gambar, ketiga proses penggunaan media gambar, keempat metode pembelajaran dan kelima evaluasi pembelajaran. Untuk penggunaan media gambar dalm proses belajar pada anak autis langkah yang dilakukan guru adalah sebagai berikut; pertama sebelum guru menjelaskan materi terkait kelengkapan kendaraan bermotor guru meminta siswa membaca doa terlebih dahulu, kedua guru mengabsen kehadiran siswa, ketiga guru menanyakan keadaan siswa mulai dari hal yang kecil seperti apa kabar anak-anak, memberikan arahan kepada anak untuk melipat tangan agar pada saat proses pembelajaran berlangsung anak menjadi lebih fokus. Langkah keempat, guru meminta siswa mengamati gambar yang sesuai materi. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas bahwa media gambar mrupakan media pembelajaran yang tepat bagi anak autis. Dengan adanya gambar anak menjadi tertarik, dan konstrasinya bisa terarah. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan CN bahwa FZ, dan FI setelah menggunakan media pembelajaran mengalami perubahan yang signifikan awalnya tidak ada kontak mata dengan media pembelajaran dapat melakukan kontak mata dengan waktu yang singkat, tidak ada respon, tidak tertarik untuk balajar dan menoleh saat dipanggil walaupun harus berulangulang kali. Setelah menggunakan media gambar FZ, FI, dan AG tertarik untuk belajar, dan mendapatkan hasil penilaian yang baik. Artinya media gambar sangat cocok dan tepat digunakan pada anak autis yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Sedangkan hambatan dalam meningkatkan hasil belajar anak berkebutuhan khusus autis pertama hambatan dari guru, kedua hambatan dari siswa, ketiga hambatan dari orang tua dan keempat hambatan dari perangkat pembelajaran. Dari hambatan diatas pasti terdapat beberapa solusi yang dilakukan. solusinya pertama, pertama solusi dari guru, kedua solusi dari siswa, ketiga solusi dari orang tua dan keempat solusi dari perangkat pembelajaran.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perangkat pembelajaran, hasil belajar siswa autis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | LENA MARINTAN SIRAIT |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 03:38 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 03:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46260 |
Actions (login required)
View Item |