Apriliani, Apriliani (2023) ANALISIS KEGIATAN KOLASE BERBAGAI MEDIA TERHADAP PERKEMBANGANMOTORIK HALUS ANAK USIA5-6 TAHUN DI TK BAITTURAHMA KOTA JAMBI. S1 thesis, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.
Text
skripsi full apriliani.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
cover (3).pdf Download (296kB) |
|
Text
perstujuan apriliani.pdf Download (146kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (214kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (307kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (257kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf Download (294kB) |
Abstract
Berdasarkan wawancara dengan wali kelas TK B dan observasi pada tanggal 16 maret 2020 terlihat ada beberapa anak yang belum mencapai indikator perkembangan motorik halus. Seperti, pada anak AA (belum dapat menggunakan pensil dengan baik dan benar), IS (belum dapat menggunting sesuai dengan pola) RA (belum dapat memegang sendok dengan benar) dan ZP (belum dapat melipat kertas sederhana). Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif, tujuannya yaitu untuk menjelaskan fenomena yang ada dengan menggunakan angka-angka untuk mengetahui informasi bagaimana gambaran kegiatan kolase terhadap perkembangan motorik anak usia 5-6 tahun di TK Baiturrahim Kota Jambi. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anak pada kelompok B di TK Baiturrahim Kota Jambi yang berjumlah 20 anak. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan instrument penelitian berupa lembar observasi, untuk melihat kemampuan motorik anak menggunakan media kolase. Setelah semua data didapatkan, data dianalisis dengan mencakup kegiatan dengan data, mengorganisasikannya, memilih dan mengaturnya ke dalam unit-unit, mencari pola-pola, menemukan apa yang penting dipelajari dan memutuskan apa yang akan dipaparkan kepada orang lain. Hasil penelitian menunjukkan Kemampuan motorik pada anak usia 5 – 6 tahun pada aspek dapat mengurus dirinya sendiri tanpa bantuan orang lain menggunakan kegiatan kolase dengan berbagai media di TK Baiturrahma kota jambi berada pada tingkatan 67,5%, Kemampuan motorik pada anak usia 5 – 6 tahun pada aspek dapat Memegang alat tulis dengan benar (antara ibu jari dan 2 jari) menggunakan kegiatan kolase dengan berbagai media di TK Baiturrahma kota jambi berada pada tingkatan 65%, Kemampuan motorik pada anak usia 5 – 6 tahun pada aspek dapat Meniru membuat garis tegak, datar, miring, lengkung dan lingkaranmenggunakan kegiatan kolase dengan berbagai media di TK Baiturrahma kota jambi berada pada tingkatan 61,67%, Kemampuan motorik pada anak usia 5 – 6 tahun pada aspek dapat Menggunting dengan berbagai media berdasarkan bentuk/pola (lurus, lengkung, segitiga) menggunakan kegiatan kolase dengan berbagai media di TK Baiturrahma kota jambi berada pada tingkatan 66,25%, Kemampuan motorik pada anak usia 5 – 6 tahun pada aspek dapat mencocokan bentuk menggunakan kegiatan kolase dengan berbagai media di TK Baiturrahma kota jambi berada pada tingkatan 50%, Kemampuan motorik pada anak usia 5 – 6 tahun pada aspek dapat meronce manik – manik sesuai pola di TK Baiturrahma kota jambi berada pada tingkatan 50%. Kata Kunci: media kolase, kemampuan motorik
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | APRILIANI |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 07:10 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 07:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46274 |
Actions (login required)
View Item |