Aprilia, Dira (2023) PENINGKATAN CIVIC SKILLS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BEBAS YANG DIMODIFIKASI PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS XI IPS DI SMA SWASTA ISLAM JAUHARULFALAH AL-ISLAMY MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
Skripsi Full Dira.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
Dira Artikel.pdf Download (300kB) |
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (200kB) |
|
Text
halaman wangi.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (427kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (318kB) |
|
Text
RUJUKAN.pdf Download (315kB) |
Abstract
Tujuan pendidikan adalah untuk membantu setiap siswa mencapai potensi penuhnya dengan menciptakan lingkungan belajar yang merangsang dan mendukung. Pendidikan adalah proses mengajar siswa sehingga mereka dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang dunia dan ketidaktahuan mereka sendiri. Pengetahuan yang diperoleh dari sumber lain dapat disempurnakan dan diterapkan secara praktis dengan bantuan pendidikan. Siswa memiliki tanggung jawab moral untuk melanjutkan pendidikannya agar dapat meneruskan tradisi keunggulan bangsa di masa depan. Sekolah adalah salah pokok utama yang sangat penting untuk mengembangkan diri siswa, termasuk pada keterampilan kewarganegaraan(civic skills).Sekolah juga merupakan peranan yang amat penting dalam mengembangkan dan meningkatkan civic skills siswa. Pendidikan yang memiliki sistem dengan menggunakan model yang tepat, akan dapat meningkatkan civic skills siswa di sekolah. Jadi dapat disimpulkan bahwa, penggunaan model pembelajaran yang tepat mak akan membantu meningkatkan Civic Skills atau kecakapan siswa. Penelitian ini di latarbelakangi dengan adanya masalaha yang penulis jumpai yaitu berupa rendahnya Civic Skills siswa kelas XI IPS 1 pada mata pelajaran PPKn yang mana persentase Civic Skills siswa hanya 31% yang bahkan tidak mencapai KKM 75%. Rendahnya civic skills siswa ini dikarenkan guru yang masih menggunakan metodepembelajaran konvesional yaitu metode ceramah yang cenderung membuat interkasi siswa terbatas dan tidak berkembang. Tujuan penelitian ini yakni untuk meningkatkan Civic Skills siswa melalui penerapan Model pembelajaran Inkuiri Bebas Yang Dimodifikasi di kelas XI IPS 1 SMA Swasta Islam Jauharul Falah Al-Islamy. Desain penelitian ini yaitu menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang digunakan oleh guru saat pembelajarran berlangsung. Prosedur penelitian ini di desain untuk tiga siklus yang mana setiap siklusnya dilaksanakaan dalam tiga pertemuan tatap muka. Rancangan tindakan pada setiap siklus dalam penelitian ini, terdiri atas empat tahap 1. Tahap Perencanan, 2. Tahap Imlementasi Tindakan, 3. Observasi dan Evaluasi, 4. Tahap Analisis Dan Refleksi. Berdasarkan data penelitian yang didapat dari penggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar penilaian Civic Skills siswa. Dengan kriteria keberhasilan yaitu 75%. Yang mana hasil Civic skills siswa pada Siklus I Civic Skills dengan jumlah keseluruhannya yaitu hanya 40%. Dan Rincian per parameter Civic Skills pada siklus II yaitu 61%. Dan pada siklus III Rincian persentase civic skills siswa yaitu 77%. Jadi dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Inkuiri Bebas Yang Dimodifikasi berpengaruh terhadap peningkatan Civic Skills siswa kelas XI IPS 1 SMA Swasta Islam Jauharul Falah Al-Islamy pada mata pelajaran PPKn. Kata Kunci : Civic Skills, Inkuiri Bebas Yang Dimodifikasi
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CIVIC SKILLS, INKUIRI BEBAS YANG DIMODIFIKASI |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | Aprilia |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 06:41 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 06:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46287 |
Actions (login required)
View Item |