., Risnawati (2023) PENGEMBANGAN E-INSTRUMENT TEST BERBASIS FOUR-TIER MULTIPLE CHOICE UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA SMA PADA MATERI ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
ABSTRAK.pdf Download (124kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (200kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (125kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (12kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (6MB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (419kB) |
Abstract
Instrumen tes yang biasa digunakan oleh guru merupakan instrumen tes esai dan pilihan ganda biasa (one-tier multiple choice). Intrumen tes esai dan pilihan ganda biasa (one-tier multiple choice) belum mampu untuk membedakan siswa yang menjawab benar disertai alasan yang benar dan siswa yang menjawab benar disertai alasan yang salah sehingga belum mampu mengidentifikasi miskonsepsi lebih dalam. Berdasarkan kendala tersebut perlu alternatif instrumen tes yang dapat mengidentifikasi miskonsepsi lebih dalam, yaitu four-tier multiple choice. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil pengembangan, kelayakan, dan hasil implementasi e-instrument test berbasis four-tier multiple choice untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa SMA pada materi Archaebacteria dan Eubactaria. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap analysis terdiri dari analisis masalah, kebutuhan, materi dan situasi lingkungan siswa. Tahap design meliputi penyusunan kisi-kisi soal, membuat petunjuk pengerjaan soal, penulisan butir soal, menyusun soal pada google form, dan pedoman penskoran. Tahap development meliputi validasi ahli, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Tahap implementation menerapkan e-instrument test berbasis four-tier multiple choice. Tahap terkahir yaitu evaluation, dilakukan dalam dua bentuk yaitu formatif dan sumatif. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa e-instrument test berbasis four-tier multiple choice yang dikembangkan mendapat penilian validasi ahli dengan skor kelayakan sebesar 82,57% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil implementasi menunjukkan persentase siswa paham konsep sebesar 41%, kurang paham konsep sebesar 19%, miskonsepsi positif sebesar 11%, miskonsepsi negatif sebesar 6% dan miskonsepsi sebesar 23%. Jadi, dari hasil yang diperoleh diketahui bahwa e-instrument test berbasis four-tier multiple choice yang dikembangkan telah layak untuk digunakan dan mampu mengidentifikasi miskonsepsi siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Instrument Test, Four-Tier Multiple Choice, Miskonsepsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | RISNAWATI |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 04:45 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 04:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46288 |
Actions (login required)
View Item |