IMPLEMENTASI MODEL FLIPPED CLASSROOM DAN PENGARUHNYA TERHADAP COMMUNICATION SKILL TERINTEGRASI ESSAI

Limbong, Fani Aprillya Rosa Br (2023) IMPLEMENTASI MODEL FLIPPED CLASSROOM DAN PENGARUHNYA TERHADAP COMMUNICATION SKILL TERINTEGRASI ESSAI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (158kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Halaman pengesahan.pdf

Download (365kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kurangnya keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapat dan idenya, mengakibatkan keterampilan komunikasi siswa tidak berjalan dengan baik. Permasalahan tersebut dapat disebabkan karena penerapan model pembelajaran yang kurang beragam yang hanya berpusat pada guru. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa, yakni model pembelajaran Flipped Classroom. Model pembelajaran ini memiliki kelebihan dalam setiap tahapan pembelajarannya yang melibatkan pembelajaran lebih banyak berpusat pada siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh implementasi model flipped classroom terhadap communication skill terintegrasi essai. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan rancangan Pre-test Post-test Non-Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian yang diambil adalah sebanyak dua kelas dengan ketentuan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan observasi keterlaksanaan model pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, divalidasi oleh dosen pembimbing. Teknik analisis data melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas, uji homogenitas koefisien regresi, dan uji hipotesis menggunakan uji ancova one way dengan bantuan Microsoft Excel dan SPSS 26 for windows. Model pembelajaran dikelas eksperimen maupun kontrol, telah terlaksana dengan konsisten pada dua pertemuan. Terdapat peningkatan indikator keterampilan komunikasi siswa yakni menyampaikan pendapat 84 %, menyimpulkan informasi 71%, berkomunikasi untuk menginformasikan 84%,menginstruksi 88%, memotivasi dan mengajak 64%. Berdasarkan hasil uji hipotesis ancova, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap keterampilan komunikasi (communication skill) dengan nilai signifikansi 0,035 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa model flipped classroom berpengaruh sedang secara signifikan terhadap communication skill . Dibuktikan dari hasil uji hipotesis dengan nilai [F(1,56) = 4,659, p = 0,035, partial eta squared = 0,077] nilai p < 0,05.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom, Keterampilan Komunikasi (Communication Skill), Terintegrasi Essai
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Limbong
Date Deposited: 20 Mar 2023 04:47
Last Modified: 20 Mar 2023 04:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46289

Actions (login required)

View Item View Item