STUDI KOMPERASI PICTURE AND PICTURE DAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 10 KOTA JAMBI

ASTANTI, RESTYA DWI STUDI KOMPERASI PICTURE AND PICTURE DAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 10 KOTA JAMBI. JURNAL STUDI KOMPERASI PICTURE AND PICTURE DAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 10 KOTA JAMBI.

[img] Text
Jurnal Restya.pdf

Download (468kB)

Abstract

STUDI KOMPERASI PICTURE AND PICTURE DAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 10 KOTA JAMBI Oleh: RESTYA DWI ASTANTI (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi) ABSTRAK Restya Dwi Astanti. 2018. “Studi komperasi picture and picture dan examples non examples terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas VII di SMP Negeri 10 Kota Jambi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Prof. Dr. Drs. H. Khairinal, Dpt, BA. M.Si, Pembimbing II Siti Syuhada, S.Pd, ME Kata Kunci: Picture and picture, examples non examples, hasil belajar siswa Berdasarkan observasi di SMP Negeri 10 Kota Jambi, bahwa pembelajaran ekonomi yang dilakukan masih banyak yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan, dengan demikian dalam proses pembelajaran ada beberapa permasalahan yang dapat ditemukan pada siswa, kemampuan siswa belajar masih pada tingkat hapalan, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rata-rata di bawah standar pada pelajaran ekonomi. Ini dapat dibuktikan hasil data sekolah SMP Negeri 10 Kota Jambi dengan 38% siswa kelas VII mendapat nilai di bawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70 pada mata pelajaran ekonomi. Berikut ini merupakan kasil belajar IPS kelas VII. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dan examples non examples pada siswa kelas VII di SMP Negeri 10 Kota Jambi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian True Experimental Design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara purposive sampling. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu mengambil sampel berdasarkan pertimbangan peneliti dan guru kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Jambi, artinya dengan mengambil dua kelas yang memiliki nilai rata-rata kemampuan belajar IPS yang hampir sama atau homogen yang ditunjukkan dengan rata-rata nilai hasil ujian harian mata pelajaran IPS Terpadu semester ganjil Kelas yang menjadi subjek penelitian ini yaitu kelas VIII D dan kelas VIII G. Berdasarkan hasil penelitian, untuk uji normalitas dapat dilihat bahwa Lhitung < Ltabel untuk kedua kelas sampel. Yaitu 0,0864 < 0,1497 untuk kelas eksperimen I dan 0,1088 < 0,1497 untuk kelas eksperimen 2. Untuk uji homogenitas terlihat bahwa Fhitung < Ftabel, yaitu 0,97 < 3,15 maka dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen I dan kelas eksperimen 2 memiliki variansi yang homogen, untuk uji hipotesis dilihat bahwa thitung > ttabel yaitu 3.205883 > 1,6676 . Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dan examples non examples pada siswa kelas VII di SMP Negeri 10 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RESTYA DWI ASTANTI
Date Deposited: 02 Jul 2018 03:56
Last Modified: 02 Jul 2018 03:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4629

Actions (login required)

View Item View Item