Implementasi Model Flipped Classroom dan Pengaruhnya terhadap Creative Thinking Terintegrasi Essai

Ginting, Novrianti Agintaras Br (2023) Implementasi Model Flipped Classroom dan Pengaruhnya terhadap Creative Thinking Terintegrasi Essai. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (215kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (382kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (619kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
HAL PENGESAHAN.pdf

Download (139kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Implementasi model yang kurang memberdayakan kelancaran, keluwesan, keaslian, keterperincian dan berpikir metafora dalam menjawab soal sebagai indikator berpikir kreatif dapat menyebabkan capaian atau hasil belajar yang kurang optimal. Jika dibiarkan dapat menyebabkan tujuan pembelajaran dan kompetensi belajar siswa tidak sesuai dengan harapan abad ke 21. Perlu dicari model yang dapat memberdayakan indikator berpikir kreatif tersebut. Salah satu model yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif adalah model flipped classroom.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model flipped classroom berpengaruh terhadap creative thinking terintegrasi essai. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent pre-test post-test control group desain. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni purposive sampling. Yang melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan subyek siswa kelas XI MIPA tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes uraian dan lembar keterlaksanaan model pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan yakni uji prasyarat, analisis tes creative thinking dan uji hipotesis dengan ancova satu jalur (α = 0,05). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen 81 sedangkan kelas kontrol 68. Hasil presentase ketercapaian masing-masing indikator pada kelas eksperimen yakni sebesar fluency 88 %, flexibility 76%, originality 79%, elaboration, 93% metaphorical thinking 67%. Hasil uji hipotesis menggunakan uji ancova didapatkan signifikansi < α (0,05) yang berarti implementasi model pembelajaran flipped classroom berpengaruh besar terhadap creative thinking yang terintegrasi essai

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom, Creative Thinking, Essai.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ginting
Date Deposited: 20 Mar 2023 04:46
Last Modified: 20 Mar 2023 04:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46294

Actions (login required)

View Item View Item