STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SDN 09/IV KOTA JAMBI

HANDAYANI, TRI (2022) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SDN 09/IV KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (133kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
halaman persetujuan.pdf

Download (354kB)
[img] Text
Halaman pengesahan.pdf

Download (329kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] Text
SKRIPSI TRI HANDAYANI A1D517025 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kreativitas guru dalam pembelajaran di SD Negeri 09/IV Kota Jambi. Strategi kepala sekolah sangatlah penting untuk meningkatkan kreativitas guru dalam pembelajaran, karena dengan guru yang kreatif siswa-siswa akan menjadi kreatif dengan apa yang diajarakn guru. Penelitian ini dilator belakangi berdasarkan strategi kepala sekolah yang belum optimal dalam meningkatkan kreatifitas guru. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini antara lain ialah kepala sekolah, dan guru kelas. Penelitian ini menerapkan purposive sampling dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumen.Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: (1) kepala sekolah dalam meningkatkankreativitas guru sudah cukup baik tetapi pengaplikasiannya belum optimal. Tetapi kepala sekolah berusaha dengan cara mengadakat rapay setiap satu minggu sekali dan mengadakan workshop setiap satu tahun sekali. Dengan adanya dua kegiatan tersebut kepala sekolah berharap guru dapat meningkatkan kreativitas guru terumata dalam pembelajaran. Masih ada beberapa guru yang masih belum tahu cara menungkan ide-idenya saat pembelajaran dikelas, maka dari itu kepala sekolah memiliki strategi dengan dua kegiatan yang tadi sudah disebutkan. Tak hanya kepala sekolah yang berusaha untuk meningkatkan kreativitas guru, tetapi guru juga harus berusaha dengan mengasah atau meningkatkan kreativitas pembelajarannya agar mampu meningkatkan kualitas sekolah. Bukan hanya untuk kualitas sekolah tetapi juga kualitas belajar murid, yang dimana jika metode pembelajaran yang diberikan guru kepada murid efektif dan efisien akan menghasilkan pembelajaranpun memuaskan. (2) Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kreativitas guru dalam pembelajaran di SD Negeri 09 Kota Jambi yaitu: 1) keterbatasannya sarana dan prasarana, 2) kurangnya penekanan distrategi kepala sekolah dalam hal kreativitas, 3) ada beberapa guru yang belum kreatif dikarenakan faktor umurnya dan faktor kejenuhan akibat sudah terlalu lama dibidang pendidikan ini.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Handayani
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:12
Last Modified: 20 Mar 2023 07:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46296

Actions (login required)

View Item View Item