KORELASI PEMBELAJARAN TAHSIN AL-QURAN TERHADAP KEMAMPUAN QIRA’AH SISWA KELAS XI IPA 2 DI SMA ISLAM AL-FALAHKOTA JAMBI

ROSITA, MARTIYA KORELASI PEMBELAJARAN TAHSIN AL-QURAN TERHADAP KEMAMPUAN QIRA’AH SISWA KELAS XI IPA 2 DI SMA ISLAM AL-FALAHKOTA JAMBI. JURNAL KORELASI PEMBELAJARAN TAHSIN AL-QURAN TERHADAP KEMAMPUAN QIRA’AH SISWA KELAS XI IPA 2 DI SMA ISLAM AL-FALAHKOTA JAMBI.

[img] Text
MARTIYA ROSITA I1A214029.pdf

Download (1MB)

Abstract

Korelasi Pembelajaran Tahsin Al-Quran Terhadap Kemampuan Qira’ah Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Islam Al-Falah Kota Jambi Martiya Rosita1) Supian2) Neldi Harianto2) 1)(Alumni Pendidikan Bahasa Arab), e-mail: martiyar98@gmail.com 2)(Program Studi Pendidikan Bahasa Arab FIB Universitas Jambi) Dosen Pembimbing Skripsi Oleh: Martiya Rosita ABSTRAK Martiya Rosita, Korelasi Pembelajaran Tahsin Al-Quran Terhadap Kemampuan Qira’ah Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Islam Al-Falah Kota Jambi. Sekripsi 2018. Tahsin Al-Quran merupakan suatu metode baca Al-Quran yang menerapkan ilmu-ilmu tajwid yang mana membacanya harus dengan baik dan sesuai dengan kaidah ilmu tajwid tersebut. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui Pembelajaran Tahsin Al-Quran terhadap Kemampuan Qira’’ah siswa Kelas XI IPA 2 SMA Islam Al-Falah, (2) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Pembelajaran Tahsin Al-Quran terhadap Kemampuan Qira’’ah siswa Kelas XI IPA 2 SMA Islam Al-Falah (3) Mengetahui Korelasi Pembelajaran Tahsin Al-Quran terhadap Kemampuan Qira’’ah siswa Kelas XI IPA 2 SMA Islam Al-Falah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui tes, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari tes siswa dan guru pengajar dengan menggunakan system wawancara, serta menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menemukan bahwa bedasarkan hasil wawancara dengan guru pengajar sistem pembelajaran tahsin Al-Qura’an dengan metode ceramah, pemberian materi dengan acak sesuai dengan bacaan ayat tersebut. Faktor yang mendukung pembelajaran tahsin yaitu guru menggunakan metode pembelajaran yang menarik, adanya motivasi guru kepada siswa, dan adanya ruangan khusus untuk pembelajaran tahsin. Faktor yang menghambat pembelajaran tahsin yaitu adanya beberapa siswa yang belum bias membaca Al-Quran, tidak adanya buku pedoman tahsin, dan jumlah siswa yang sangat banyak. Adanya korelasi/atau hubungan yang tinggi dengan adanya pembelajaran tahsin terhadap kemammpuan qira’ah siswa di kelas XI IPA 2 SMA Islam Al-Falah Kota Jambi. Dengan sebelum adanya pembelajaran tahsin dan sesudah adanya pembelajaran tahsin, dengan hasil 2,4 dan hasil tersebut menunjukan kategori nilai sangat tinggi. Kata kunci: Korelasi Tahsin, Al-Quran, Terhadap Kemampuan Qira’ah Mengetahui Pembimbing 1 Dr. Supian, S.Ag, M.Ag NIP 197310172006041002 Jambi, juli 2018 Pembimbing 2 Neldi Harianto, S.Pd.I., M.A. NIP 201501091002

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: MARTIYA ROSITA
Date Deposited: 02 Jul 2018 03:56
Last Modified: 02 Jul 2018 03:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4631

Actions (login required)

View Item View Item